Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Di era serba internet seperti sekarang, ditambah dengan kondisi pandemi, hampir semua segi kehidupan mulai beralih ke online, termasuk juga pembelajaran Bahasa asing. Jika dulu orang yang ingin belajar Bahasa asing harus datang langsung ke tempat kursus dan mengikuti kelas, sekarang dengan tinggal di rumah saja sudah bisa belajar Bahasa asing dengan baik.

Panduan Mencari Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Beberapa media yang biasanya dimanfaatkan adalah media sosial, website, dan aplikasi yang bisa di-download melalui gadget. Selain praktis dan menghemat waktu, cara belajar seperti ini juga bisa jauh lebih menghemat biaya.

Salah satu Bahasa korea yang banyak diminati untuk dipelajari oleh anak muda jaman sekarang adalah Bahasa Korea. Bahasa ini sekarang mudah ditemukan dimana-mana, dan tingkat kesulitannya pun bahasa korea tidak terlallu tinggi.

Bagi yang memilih untuk belajar Bahasa Korea melalui aplikasi, perlu diperhatikan kelebihan dan kekurangan setiap aplikasi supaya pembelajaran bisa dilakukan dengan efektif. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih aplikasi untuk belajar Bahasa Korea:

Belajar secara bertahap

Untuk yang benar-benar mulai belajar Bahasa Korea dari nol, pasti akan kebingungan jika menemukan aplikasi yang tidak jelas pilihan kesulitannya atau yang langsung mulai dari materi yang sulit. Anda bisa mencari aplikasi yang memang mengajarkan Bahasa Korea dari dasar.

Aplikasi seperti ini biasanya mulai dari mengajarkan huruf Korea, kata atau frasa, lalu lanjut ke kalimat. Tingkat kesulitan biasanya akan bertambah ditandai dengan kenaikan level sehingga bisa mendorong semangat pengguna untuk terus belajar.

Pilihan lainnya adalah mencari aplikasi yang memiliki berbagai tingkat kesulitan yang bisa dipilih, tidak harus mulai dari dasar. Aplikasi seperti ini tentu akan berguna untuk yang sudah mempunyai sedikit dasar pengetahuan berbahasa Korea sebelumnya.

Tidak membosankan

Salah satu alasan orang banyak yang memilih belajar menggunakan aplikasi adalah karena merasa bosan belajar menggunakan buku secara tradisional. Jika anda adalah salah satunya, maka anda perlu mencari aplikasi yang memiliki tampilan grafis yang menarik.

Bisa juga mencari aplikasi dengan sistem pembelajaran seperti bermain game. Sekarang banyak beredar aplikasi seperti itu sengan tujuan tidak membuat orang yang belajar menjadi mudah jenuh.

Tapi perlu diingat juga untuk tetap memperhatikan kualitas materi pembelajaran yang diberikan. Karena banyak juga aplikasi yang menggunakan game untuk pembelajaran tapi kosakata yang diajarkan itu-itu saja, atau yang memiliki visual menarik tapi tingkat kesulitannya tidak ada peningkatan.

Tidak berbayar

Siapa yang tidak suka yang gratis-gratis? Untuk aplikasi belajar Bahasa Korea pun sekarang sudah banyak yang tersedia secara gratis.

Memang ada yang berbayar, tapi itu biasanya untuk bisa mendapatkan fitur-fitur tambahan. Fungsi aplikasinya yang utama tetap bisa dimanfaatkan secara gratis sampai tahap tertentu.

Jika anda memang tidak mau mengeluarkan biaya, anda bisa mencari aplikasi belajar Bahasa Korea yang gratis, atau mencari aplikasi lain jika aplikasi yang anda gunakan sudah mengharuskan untuk membayar. Tapi jika anda memiliki sedikit budget berlebih, tidak ada salahnya juga mencoba aplikasi belajar Bahasa Korea yang berbayar.

Aplikasi berbayar biasanya memiliki kelebihan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi gratis. Ini tentunya bisa lebih membantu dalam pembelajaran Bahasa Korea.

Komunikasi dengan penutur asli

Salah satu keuntungan dari mengikuti kursus online adalah bisa diajar oleh pengajar profesional, bahkan beberapa lembaga kursus merekrut penutur asli Bahasa Korea sebagai pengajar. Hal ini tentunya cukup sulit didapatkan jika belajar dari rumah.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Korea.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Dengan adanya guru, bisa membantu untuk berlatih percakapan dan juga bisa bertanya jika ada yang kurang paham. Untuk memfasilitasi keuntungan tersebut, sekarang ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk bisa berkomunikasi dengan penutur asli Bahasa Korea.

Media komunikasi yang disediakan pun beragam, bisa melalui chat, voice note, video call, atau bahkan telepon. Fitur ini bisa membantu jika anda memiliki pertanyaan seputar Bahasa Korea, selain itu bisa juga menambah teman dari Korea.

baca juga

Menulis Hangeul

Seperti Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang, Bahasa Korea juga memiliki sistem huruf tersendiri yang berbeda dengan alfabet biasa. Yang membedakan adalah, huruf-huruf dalam Bahasa Korea, atau biasa disebut Hangeul, tidaklah serumit huruf-huruf dalam Bahasa mandarin dan Bahasa Jepang.

Walaupun terhitung mudah, tetap butuh latihan untuk bisa menguasainya. Apalagi bagi yang tidak terbiasa menulis huruf dengan bentuk agak unik seperti ini.

Secara offline, belajar menulis Hangeul bisa dilakukan dengan berlatih menggunakan buku latihan yang dilengkapi dengan garis bantuan atau bisa juga latihan menulis otodidak di kertas. Tapi bagi yang tidak memiliki waktu untuk itu dan ingin sesuatu yang lebih praktis, sekarang ini banyak juga aplikasi yang menyediakan fitur berlatih menulis Hangeul.

Aplikasi-aplikasi ini biasanya juga dilengkapi dengan langkah-langkah dan teknik menulis Hangeul yang baik dan benar. Walaupun begitu, supaya lebih efektif dan lebih cepat mahir tetap butuh berlatih juga menulis secara offline supaya tangan dan otak mudah menjadi terbiasa dengan Hangeul.

Percakapan sehari-hari

Bagi yang memang belajar Bahasa Korea untuk penggunaan sehari-hari, pasti tidak punya waktu untuk belajar Bahasa Korea secara perlahan mulai dari dasar. Untuk anda yang seperti ini, sekarang banyak juga aplikasi yang memasukkan fitur atau materi tentang kalimat-kalimat yang digunakan sehari-hari.

Atau bisa dicari juga aplikasi yang menyediakan materi sesuai dengan situasi di kehidupan nyata. Seperti misalnya materi tentang restoran yang berisi segala kosakata yang bisa ditemukan di restoran beserta contoh percakapan yang mungkin bisa terjadi di restoran.

Aplikasi-aplikasi seperti ini bisa sangat membantu dan bisa langsung dipraktekkan. Bahasa yang digunakan juga biasanya merupakan Bahasa tingkat formal, jadi tidak perlu ragu untuk menggunakannya jika bertemu dengan orang Korea.

http://sigitarifian.web.ugm.ac.id/

bahasa korea

Undercover

tips belajar korea

Ada ujian atau tes

Di akhir pembelajaran, tidak jarang peserta sudah lupa materi yang dipelajari di awal-awal. Untuk menghindari hal seperti ini, banyak aplikasi yang meyediakan semacam tes atau ujian di akhir materi.

Ini sangat penting untuk me-refresh pembelajaran yang sudah dilakukan dan juga untuk menjaga motivasi diri. Anda bisa juga mencari aplikasi yang mencampurkan materi dalam ujiannya, sehingga yang diujikan tidak hanya materi dari bab tertentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like