Bisnis Drone: Cara berbisnis dengan drone

Sejumlah tren memiliki potensi untuk menjadi tren yang booming. Ada yang datang dan pergi, seperti batu akik. Tapi ada juga yang membawa perubahan dramatis dan mengubah cara kita berbagi informasi, dan mengubah ekonomi seperti yang kita ketahui. UAV, atau kerap disebut drone, telah berhasil melakukannya dalam waktu yang relatif singkat.

Drone, yang juga dikenal sebagai kendaraan udara tak berawak (UAV), telah meledak dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Untuk periode 12 bulan terakhir, penjualan drone secara global tumbuh 224 persen dari periode tahun sebelumnya menjadi hampir $ 200 juta, menurut laporan dari perusahaan riset ritel grup NPD.

Penggemar bisnis berbasis teknologi kini pun mulai mencoba mendapatkan seporsi keuntungan dari tren yang berkembang pesat ini. Pasar peluang bisnis drone diperkirakan akan tumbuh 190% dari 2014 hingga 2024, menurut The Drone Co.

Penggunaan drone mungkin masih kurang populer di Indonesia, tetapi diyakini bahwa keberadaan drone semakin hari akan semakin terintegrasi di dalam hidup kita, dan tinggal menunggu waktu untuk datang layanan yang mengandalkan drone dalam operasinya.

Dari sesuatu yang hanya dianggap sebagai “mainan”, “kamera orang kaya,” dan “mesin operasi militer”, drone telah menembus lebih dalam ke area ekonomi kita dan mulai menjadi bagian utama dari kehidupan kita sehari-hari.

Drone dengan cepat menjadi alat yang sangat diperlukan dalam berbagai industri. Artikel ini menyajikan beberapa ide bisnis drone terbaik untuk memanfaatkan tren ini.

Seperti kebanyakan perangkat teknologi lainnya, persaingan yang ketat di pasar mulai menekan harga drone dan memajukan teknologi dengan cepat. Drone dengan harga terjangkau pun ada yang sudah mencakup fitur seperti:

o Kamera 4K yang dapat mengambil gambar dan video resolusi tinggi

o Dibangun dengan GPS dan autopilot, memungkinkan drone untuk menerbangi rute yang telah diprogram

o Kemampuan Bluetooth

o Penghindaran benturan

o Terrain follow (kemampuan untuk mempertahankan ketinggian yang konsisten saat terbang di atas medan yang tidak rata)

o Pelacakan aktif (secara otomatis mengikuti subjek yang dipilih)

o Kemampuan terbang dengan kecepatan 50 mph (80 km / jam) atau lebih

Fitur keselamatan, keandalan, jarak kontrol, dan masa pakai baterai juga terus ditingkatkan.

Persewaan Drone

Jika Anda sedang mencari peluang untuk memulai bisnis baru, mengapa tidak menggunakan drone saja? Atau jika sudah punya drone tapi jarang dipakai, mengapa tidak  dibisniskan?

Menawarkan layanan drone dengan basis kontrak bisa menjadi bisnis paruh waktu dan / atau rumahan yang ideal.

Mereka yang tidak butuh drone secara reguler cenderung lebih memilih menggunakan drone berdasarkan sewaan. Nah, jika Anda sudah punya drone menganggur, Anda bisa memulai bisnis  penyewaan drone sendiri.

Namun, bisnis tersebut menuntut investasi modal yang besar untuk membeli drone. Selain itu, Anda harus memutar otak agar bisa menawarkan pemasaran kreatif pada bisnis drone Anda.

Fotografi

Sebelum drone dikembangkan untuk umum, mengambil foto atau video dari udara membutuhkan penyewaan pesawat sayap atau helikopter, yang tentu saja harganya luar biasa mahal.

Dengan munculnya drone murah yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi, mengambil foto udara sekarang mudah dan terjangkau bagi para fotografer.

Gambar dan video yang diambil dari udara menawarkan perspektif yang tidak dapat disaingi oleh perspektif dari tanah, dan drone dapat beroperasi dengan aman di ketinggian yang jauh lebih rendah dan di ruang yang lebih terbatas daripada pesawat.

Fotografer dan pembuat film sekarang secara rutin menggunakan drone untuk mengambil gambar dan video berkualitas tinggi dari udara, seperti:

• Landscape

• Acara olahraga

• Satwa Liar

• Subjek film dan TV

Jika Anda memiliki keterampilan fotografi dan berminat pada drone, mengapa tidak mempertimbangkan untuk memulai bisnis fotografi drone?

Wedding Videography

Industri videografi pernikahan berkembang sangat cepat. Selain itu, fotografer menerapkan teknik baru untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan menggunakan drone sebagai salah satu alat fotografi pernikahan adalah konsep yang sedang tren saat ini.

Jika Anda seorang ahli drone, Anda bisa bekerjasama dengan fotografer lokal untuk menciptakan sebuah paket layanan foto pernikahan dan prewedding yang menarik.

Real Estate Service

Internet telah membuka ratusan cara baru bagi Anda untuk dapat menjangkau pemirsa internasional.

Khusus untuk bisnis real estate, bisnis aerial fotografi udara datang sebagai langkah inovatif dalam menjual properti dan meningkatkan reputasi bisnis dan agen real estate.

Misalkan Anda seorang agen real estate, Anda bisa memperlihatkan beberapa foto tampak atas untuk properti yang Anda jual. Ini memberikan calon pembeli sebuah perspektif baru dan lebih lengkap dibanding yang sudah ada.

Saat menjual properti, ada banyak cara Anda dapat menarik klien Anda untuk membuat penawaran dengan Anda.

Jasa Layanan Keamanan

Drone pada mulanya digunakan sebagai alat untuk mengambil informasi tentang area pertahanan musuh. Kerap pula digunakan untuk menyerang area musuh dengan meminimalisir resiko jatuhnya korban jiwa dari pihak penyerang.

Kini semenjak drone bisa digunakan untuk umum, drone pun bisa digunakan untuk keamanan sipil. Keamanan rumah dan komersial adalah area lain yang penuh dengan peluang untuk bisnis drone.

Sebagai contoh, salah satu sistem seperti dari Sunflower Labs mengintegrasikan drone dengan sensor sehingga ketika kemungkinan pelanggaran terjadi, drone akan diberitahu dan akan aktif secara otomatis.

Drone menangkap rekaman video langsung si penyusup dan mengirimkannya ke smartphone. Pengguna dapat mengontrol drone dari jarak jauh atau mengarahkannya untuk terbang di atas penyusup, serta memberi tahu polisi jika diperlukan.

Saat ini, UAV bisa digunakan melakukan pengintaian dan dilengkapi dengan senjata. Drone-drone militer ini bisa melakukan berbagai fungsi. Ada banyak lembaga di seluruh dunia yang sekarang tersedia untuk layanan investigasi.

Dan tidak ada yang bisa tampil lebih baik daripada drone di sektor ini. Selain itu, drone menciptakan peluang bisnis baru di bidang pengawasan keamanan, bagi para pengusaha yang siap membuat tren tersebut jadi nyata.

Drone juga dapat membantu mendeteksi ancaman lain terhadap properti seperti kebakaran dan kebocoran air. Video langsung dari drone dapat dikirim ke perangkat seluler pemilik rumah / bisnis, ke fasilitas pemantauan pusat, atau langsung ke pihak yang berwajib.

Selain itu, di sejumlah tempat ada yang melarang penggunaan drone, seperti perhotelan, tempat wisata, dan sarana-sarana strategis milik pemerintah. Anda bisa menawarkan jasa antidrone untuk memenuhi kebutuhan keamanan terhadap drone.

Penggunaan drone menciptakan peluang bisnis baru di bidang pengawasan keamanan bagi para pengusaha yang siap menguangkan tren tersebut.

Operasi Pencarian dan Penyelamatan

Drone menjadi alat yang sangat penting dalam gudang organisasi pencarian dan penyelamatan. Selain karena biaya penggunaan drone jauh lebih hemat dibanding menggunakan helikopter untuk pencarian udara, drone dapat terbang di malam hari dan mencapai area yang helikopter tidak mampu jangkau.

Melengkapi drone dengan inframerah dan / atau sensor penglihatan malam memungkinkan tim pencari dan penyelamat mendeteksi individu yang hilang dengan emisi panas serta secara visual, dan drone dapat mengirimkan suplai darurat sesuai kebutuhan.

Menjadi operator pencarian dan penyelamatan drone atau menjual, menyewakan, atau melengkapi saluran pencarian dan penyelamatan bisa menjadi peluang bisnis Anda berikutnya.

Inspeksi Bangunan – Atap, Rangka, Cerobong

Pemeriksaan atap dengan tangan dapat menjadi proses yang merepotkan, mahal, dan berbahaya, terutama pada struktur multilantai. Dengan teknologi drone, inspeksi bangunan dapat dilakukan dengan aman dan murah, menjadikannya ide bisnis menggunakan drone yang hebat.

Drone dapat melakukan survei secara close up dari bagian luar bangunan dan memberikan video resolusi tinggi mengenai atap, saluran, cerobong asap, dan selubung bangunan, memungkinkan pemilik bangunan untuk mendeteksi titik masalah dengan cepat dan aman.

Jika Anda memiliki latar belakang dalam konstruksi dan / atau inspeksi bangunan, layanan inspeksi drone bisa menjadi bisnis yang ideal (atau menambah bisnis inspeksi Anda yang sudah ada).

Survei Pertanian

Drone merevolusi bidang agrikultur. Kemampuan untuk mensurvei tanaman dari udara dengan kendaraan udara tak berawak murah, dilengkapi dengan berbagai sensor, memungkinkan seorang petani untuk mengumpulkan sejumlah data penting yang sulit diperoleh sebelumnya, termasuk:

• Hidrasi tanah

• Variasi dalam komposisi tanah

• Infestasi hama / jamur

Selain itu, survei tanaman drone dapat dilakukan setiap minggu, setiap hari, atau bahkan setiap jam sesuai kebutuhan. Informasi yang akurat memungkinkan irigasi tanaman yang optimal, pemupukan, dan pengendalian hama. Mengurangi penggunaan air dan pestisida dan memaksimalkan hasil panen menguntungkan garis bawah dan lingkungan.

Inspeksi Bawah Air

Teknologi Drone tidak terbatas pada kendaraan udara tak berawak. Drone bawah air telah tersedia selama beberapa dekade, tetapi sampai saat ini hanya terjangkau oleh perusahaan besar atau lembaga penelitian.

Drone sangat membantu untuk fotografi bawah air. Pada dasarnya, fotografi bawah laut adalah industri jutaan dolar di seluruh dunia. Dan tidak ada yang bisa mendapatkan bidikan yang lebih baik daripada drone. Anda bisa memulai bisnis ini di rumah. Meski demikian, punya ruang kantor resmi selalu menjadi pilihan yang lebih baik.

Sekarang drone bawah air sudah tersedia mulai dari harga Rp 10 juta yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan laptop atau smartphone dan merendam hingga kedalaman hingga 100 meter. Ini membuka berbagai jenis ide bisnis untuk drone bawah air.

Drone bawah air bisa dilengkapi dengan pencahayaan. Dapat digunakan untuk mengambil gambar atau video bawah laut resolusi tinggi dengan biaya yang lebih murah, dibandingkan mengontrak penyelam profesional.

Selain fotografi, drone bawah air memiliki banyak aplikasi komersial lainnya, termasuk:

• Asesmen lingkungan bawah air

• Pencarian / pemulihan

• Akuakultur

• Pemeriksaan bawah laut (termasuk tank, pipa, lambung perahu, baling-baling, dll.)

• Penelitian kelautan

• Penegakan hukum

Menyediakan layanan inspeksi drone submersible bisa menjadi peluang bisnis yang ideal.

Pemetaan dan survei lingkungan

Para surveyor tanah semakin beralih ke drone untuk mendapatkan data survei digital yang lebih akurat dari udara dalam waktu dan biaya yang lebih hemat, yang dibutuhkan oleh tim survei di lapangan.

Dengan menggunakan data referensi stasiun base dan GPS, drone yang dilengkapi peralatan khusus dapat mengumpulkan informasi kartografi tiga dimensi dengan ketepatan dalam satu hingga dua cm setelah diproses. Survei kartografi digunakan di banyak industri, termasuk:

• Konstruksi

• Perencanaan kota oleh pemerintah kota

• Penambangan minyak dan gas

• Pemantauan banjir dan pencemaran

• Manajemen kehutanan

• Arkeologi

Jika Anda ingin memulai bisnis dalam survei tanah dan / atau kartografi, layanan drone bisa menjadi cara yang ideal untuk mendapatkan lompatan dalam persaingan.

Penjualan, Reparasi, Modifikasi, dan Pelatihan Drone

Perbaikan drone adalah ide bisnis drone lain.

Pada dasarnya, drone adalah perangkat yang rentan yang rentan dengan kerusakan, terutama jika belum terlalu mahir. Seringkali pengguna drone pemula menerbangkan drone terlalu jauh atau terlalu tinggi, melebihi jangkauan kontrol, mengakibatkan drone terbang tanpa kendali atau jatuh.

Dan meskipun harganya menurun drastis, drone masih terlalu sayang untuk segera dibuang begitu saja.

Jika Anda secara teknis ahli dengan drone dan secara mekanis punya pengetahuan yang dalam tentang elektronik, penjualan / perbaikan / kustomisasi drone bisa menjadi ide bisnis yang hebat untuk Anda.

Selain itu, drone membutuhkan pengetahuan dan keterampilan untuk beroperasi dengan aman. Ini menyebabkan di pasaran muncul kebutuhan untuk instruktur drone yang berpengalaman.

Jika Anda memiliki keterampilan, pengalaman, dan sertifikasi UAV yang sesuai, mengapa tidak menawarkan layanan Anda sebagai seorang trainer drone?

Inspeksi Bangunan Komersial, Manufaktur, dan Asuransi

Seperti halnya inspeksi atap dan bangunan, drone semakin banyak digunakan untuk menggantikan manusia dalam melakukan inspeksi yang mahal dan terlalu berbahaya.

Drone memiliki fungsi pengumpulan intelijen dan penggalian data yang tidak biasa untuk bisnis.

Menurut Harvard Business Review, bagi banyak perusahaan, drone dengan cepat menjadi komponen lain yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan strategi digitalisasi. Sebagai contoh, salah satu pemain terbesar ritel, Walmart, sedang menguji bagaimana drone dapat membantu meningkatkan manajemen inventaris gudang.

Ini termasuk struktur yang besar dan sulit diakses seperti:

• Jembatan

• Menara seluler dan TV

•Turbin angin

• Saluran listrik

• Saluran pipa

• Panel surya

Drone juga dapat digunakan untuk mensurvei area yang rusak untuk klaim asuransi.

Didukung oleh layanan cloud computing, kemampuan pengumpulan data drone yang belum pernah terjadi sebelumnya memiliki potensi untuk secara radikal mengubah dinamika kompetitif dari suatu informasi.

Terlepas dari ini, drone juga dapat digunakan untuk keperluan kampanye pemasaran, dengan membawa spanduk iklan dan merekam kampanye rekaman udara, memaksimalkan dampak sebuah kampanye promosi untuk perusahaan.

Bagaimana cara memulai bisnis drone?

Seperti yang dilaporkan Thomas Edison, “Jenius berasal dari satu persen inspirasi dan 99 persen kerja keras”. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan diri, semakin besar peluang Anda untuk memulai bisnis yang sukses – dan itu berlaku juga bila Anda tertarik untuk memulai bisnis drone.

Sebelum memulai bisnis menggunakan pesawat tanpa awak ini, penting untuk memeriksa peraturan daerah tentang penggunaan komersial dari kendaraan udara tanpa awak (UAV). Di Indonesia sendiri, peraturan terkait pengambilan gambar dan menerbangkan drone sudah ada, yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak.

Dalam peraturan ini, ada salah satu poin yang menulis bahwa “drone digunakan untuk kepentingan pemotretan, film, dan pemetaan harus melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang dan pemerintah daerah yang wilayahnya akan dipotret, difilmkan, atau dipetakan.”

Poin ini menegaskan bahwa sistem pesawat udara tanpa awak mempunyai batasan penggunaan berdasarkan peralatan yang dibawanya. Diharapkan Anda tetap menjalankan bisnis drone tanpa melangkahi aturan pemerintah.

baca juga

    Jika sudah, Lakukan riset pasar awal – survei bisnis dan klien potensial di daerah Anda yang bisa mendapatkan manfaat dari layanan drone. Cari tahu apakah ada pesaing – apakah target pasar sudah punya banyak pilihan? Atau Anda yang pertama?

    Jika sepertinya ada permintaan untuk layanan drone, tulis rencana bisnis, bahkan meskipun Anda tidak akan menyerahkannya pada bank atau investor.

    Pasar membuat keputusan untuk membeli, tergantung pada kesan pertama terlepas dari kualitas yang ada. Strategi berbasis pelanggan ini sangat diperlukan jika Anda ingin sukses dalam usaha bisnis kecil Anda dengan drone.

    Nah, demikian tadi beberapa ide berbisnis dengan drone dan cara memulainya. Sekarang, bisnis drone seperti apa yang ingin Anda mulai?

    Leave a Reply

    twenty − 12 =

    Open chat
    silahkan chat kami disini
    Silahkan Chat Untuk
    Pemasangan Iklan Dan
    Order Jasa Digital Marketing
    Powered by