Modal Utama Belajar Bisnis Online

jkietee.com – Seiring dengan terus meningkatnya pengguna internet, mereka yang tertarik untuk belajar bisnis online juga semakin bertambah.

Persoalannya, sebagian besar diantara mereka kurang begitu memahami, atau hanya paham sepintas lalu, sehingga yang ada dalam benak mereka hanya gambaran dari keuntungan yang bisa mereka meraih dengan hanya duduk di depan komputer.

Padahal, untuk dapat sukses menjalankan bisnis online tidak semudah yang mereka bayangkan.

Jagad bisnis online juga tidak sekecil yang mereka perkirakan. Alhasil, ketika bisnis tersebut benar-benar mereka terjuni, hanya kekecewaan yang mereka raih. Sebab bayangan manis yang ada dalam pikiran, tidak sesuai dengan kenyataan.

Untuk itu, sebelum belajar bisnis online, siapkan terlebih dahulu modal utamanya, agar proses belajar dapat memberikan hasil yang sepadan. Berikut beberapa modal utama yang harus dimiliki:

  1. Minat dan Ketertarikan

Tanyakan pada diri sendiri, apa alasan utama yang membuat Anda tertarik menekuni bisnis online? Jika alasan utamanya ingin mendapatkan penghasilan yang besar, terlebih dengan cara yang instan, maka sebaiknya jangan dilanjutkan maksud Anda untuk belajar bisnis online.

Sebab, Anda justru akan terjebak dengan bisnis abal-abal semacam money game, atau Anda akan merasa putus asa karena proses untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya ternyata butuh waktu yang cukup lama.

Anda bisa melanjutkan keinginan untuk belajar mendapatkan materi lewat internet jika didasari dengan minat dan ketertarikan. Sebab bisnis ini senantiasa menghadirkan sesuatu yang baru sehingga dibutuhkan orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan untuk mempelajari hal-hal baru.

  1. Belajar dan Praktek

Terus belajar dan belajar adalah modal utama untuk dapat sukses di dunia internet, sebab sebagaimana disebutkan di atas, sesuatu yang baru akan senantiasa menunggu untuk dipelajari disamping serangkaian materi yang sudah dipahami.

Belajar yang dimaksud, bisa dilakukan secara otodidak dengan mengunjungi website-website yang berisi content-content panduan dan tutorial bisnis online yang dapat dengan mudah diakses dengan melakukan browsing.

Namun, agar proses belajar lebih terarah, dan materi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan, ada baiknya mengikuti kursus atau bimbingan belajar bisnis online berbayar.

Di sini, materi yang diberikan adalah pengalaman pribadi dari para tutor, sehingga Anda tidak akan ‘tersesat’ dan menghabiskan banyak waktu dalam belajar.

Tidak cukup hanya belajar, tapi juga senantiasa mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Bahkan prosentase dalam mengaplikasikan apa yang telah dipelajari harus lebih besar. Semakin sering Anda melakukan praktrek, maka semakin cepat pula dalam menguasai bidang yang Anda tekuni.

  1. Fokus Pada Satu Bidang

Bisnis online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis offline yang memiliki banyak jenis/bidang dan setiap bidang butuh keahlian tersendiri. Beberapa jenis bisnis online tersebut diantaranya adalah: Content Publisher, Affiliate Marketing, Dropship, serta yang lain.

Diantara sekian banyak jenis/bidang tersebut, pilih satu atau dua yang paling menarik untuk dipelajari, dan jangan terlalu banyak bidang yang ditekuni, karena justru membuat Anda tidak fokus.  

Menambah jenis/bidang yang dipelajari baru dapat dilakukan jika Anda benar-benar telah menguasai seluruh materi yang sebelumnya Anda pelajari.

  1. Tekun dan Sabar

Ketekunan dan kesabaran sangat diperlukan mengingat Anda harus berproses untuk dapat merasakan apa yang telah dipelajari dan apa yang telah dipraktekkan, sementara proses butuh waktu yang tidak sebentar.

Salah satu contoh jika Anda menggeluti bisnis Content Publisher, selain harus belajar bagaimana membuat content yang diminati pengunjung blog, Anda juga harus belajar dan mempraktekkan bagaimana cara untuk dapat memperoleh traffik yang besar dari content yang dipublish.

Untuk dapat mengumpulkan pengunjung website/blog dalam jumlah yang besar, sudah barang tentu tidak cukup hanya dalam hitungan hari atau minggu, tapi bisa berbulan-bulan lamanya.

baca juga

    1. Berani Menanggung Risiko

    Segala jenis pekerjaan selalu memiliki risiko, demikian pula dengan bisnis online.

    Risiko yang harus dihadapi pada saat belajar bisnis online yang dapat langsung dirasakan adalah keharusan untuk menyisihkan sebagian dari keberhasilan untuk mendukung proses belajar, seperti membayar paket belajar/kursus bisnis online, menyewa hosting dan domain, melakukan promosi serta yang lain.

    Belum lagi harus menyisihkan sebagian waktu dan tenaga yang semestinya untuk dipakai aktifitas yang lain justru dihabiskan di depan komputer.

    Di sisi lain, keuntungan materi yang bisa diraih dari menekuni bisnis online tersebut masih menjadi tanda tanya. Disinilah faktor keberanian dalam menaggung risiko sangat dibutuhkan.

    Jika Anda takut gagal, tidak punya keberanian untuk mengorbankan sebagian waktu, tenaga, pikiran dan juga materi, maka sebaiknya urungkan saja keinginan untuk belajar bisnis online.

    You May Also Like