Gaya Hidup di Apartemen

Undercover.co.id – Tetangga adalah salah satu aspek kehidupan sosial yang penting bagi masyarakat Indonesia.

Meskipun terkadang bertindak menyebalkan, tetapi tidak dapat dipungkiri keberadaan tetangga dapat membantu anda dalam banyak hal seperti menjaga rumah anda saat anda pergi, membantu merawat anak anda atau menjadi teman pertama anak anda jika tetangga tersebut memiliki anak yang berusia sama.

Salah satu ciri hunian vertikal apartemen yang membedakan dengan rumah tapak adalah Apartemen menawarkan privasi dan kemudahan akses yang mungkin tidak akan anda temukan jika anda tinggal di rumah tapak. Dengan tinggal di Apartemen, anda bisa jalan kaki atau naik motor beberapa menit untuk sampai di kantor atau pusat perbelanjaan.

Perlukah Kehidupan Bertetangga Saat Tinggal di Apartemen?

 Namun demikian, dengan alasan privasi dan aksesibilitas ini jugalah kehidupan bertetangga di Apartemen cenderung kurang dibanding jika anda tinggal di rumah tapak. Sebab anda tidak harus bertemu dengan tetangga anda ketika anda membeli barang kebutuhan sehari hari.

 Hal ini membuat beberapa orang cenderung berpikir ulang untuk tinggal di apartemen terutama jika orang tersebut sudah memiliki anak. Mereka berpikir bahwasanya lingkungan apartemen yang individualis dan terlalu bebas kurang baik untuk perkembangan anak mereka. Sehingga mereka memilih untuk tinggal di rumah kontrakan yang jauh dari tempat kerja atau pusat kota untuk memastikan anak mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan tenang.

Penghuni apartemen pada umumnya setelah bekerja langsung masuk unit apartemennya dan beristirahat dan tidak sempat untuk menyapa tetangga kanan kiri mereka. Lain halnya dengan penghuni rumah tapak, entah itu kontrakan atau memang sudah beli, ada banyak kesempatan penghuni rumah tapak untuk berinteraksi dengan tetangganya seperti saat beli sayur atau bahkan ronda.

Selain itu dalam tren penggunaan apartemen di Indonesia saat ini, apartemen masih digunakan sebagai hunian sementara yang akan dijual atau disewakan kepada orang lain jika sedang tidak dihuni. Lain halnya dengan rumah tapak yang umumnya sudah dijadikan hunian permanen.

Hal ini membuat ikatan atau bonding antara satu penghuni apartemen dengan penghuni apartemen yang lain relatif tidak kuat. Padahal kehidupan bertetangga sangat penting baik ketika anda tinggal di rumah tapak ataupun di apertemen.

Sebab adakalanya anda harus meminta tolong kepada tetangga anda atau sebaliknya. Pun demikian kerjasama antar tetangga juga perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara swadaya.

Untuk anak anak, tinggal di rumah tapak umumnya menyediakan lahan yang cukup untuk mereka bermain. Lain daripada itu tinggal di rumah tapak juga membantu mereka untuk berinteraksi dengan anak anak seusianya yang tinggal di rumah dekat mereka.

Beda halnya jika anak anak tersebut tinggal di apartemen yang memiliki ruang gerak dan interaksi sosial yang lebih terbatas. Oleh karena itu perlu bagi anda sebagai orang tua untuk melakukan beberapa hal demi membangun interaksi sosial dengan tetangga anda jika anda memilih untuk tinggal di apartemen. Supaya anda dan anak anda dapat tinggal dengan nyaman dan aman di hunian vertikal tersebut.

Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk mmbangun interaksi sosial dengan tetangga anda:

  1. Aktif di komunitas komunitas yang disediakan oleh pihak pengelola apartemen. Komunitas ini bisa jadi merupakan komunitas olahraga tertentu atau komunitas sosial lainnya;
  2. Memanfaatkan fasilitas umum yang disediakan oleh pihak apartemen untuk berinteraksi dengan tetangga. Saat ini banyak apartemen yang tidak hanya menyediakan fasilitas penunjang kehidupan pribadi seperti laundry melainkan juga fasilitas yang menunjang kehidupan sosial seperti fitness center. Azalea serviced apartment suites misalnya, selain menyediakan fitness center dan kolam renang, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas jogging track untuk berinteraksi dengan tetangga anda;
  3. Adakan acara kumpul kumpul. Meskipun memiliki komunitas, apartemen tentu tidak memiliki RT/RW yang bisa menginisiasi acara kumpul kumpul. Oleh karena itu, ada baiknya anda memulai untuk mengadakan acara kumpul kumpul antar sesame penghuni apartemen untuk meningkatkan interaksi sosial.
  4. Memperkenalkan diri sebagai penghuni baru. Sebagaimana jika anda menjadi penghuni baru di rumah tapak baik itu di perumahan atau diperkampungan, ada baiknya anda memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan mengetuk unit apartemen tetangga anda sembari membawa makanan.

Hal ini penting untuk anda lakukan sebab ada kalanya anda harus merenovasi unit apartemen anda yang proses renovasi tersebut dapat mengganggu tetangga anda. Memperkenalkan diri saat resmi menggunakan apartemen tentu akan memudahkan anda untuk melakukan hal hal lain kedepannya.

  • Pastikan bangunan apartemen anda kedap suara dan memiliki lahan bebas. Hal ini terutama jika anda sudah memiliki keluarga dan anak. Sebab anak anda perlu ruang bermain dan kadang kala mereka berteriak sesuka hati. Agar teriakan mereka tidak mengganggu tetangga anda, pastikan unit apartemen yang anda pilih adalah apartemen yang kedap suara.

Sebagaimana yang tertulis dalam poin poin diatas, diperlukan peran proaktif dari developer untuk menciptakan kehidupan sosial didalam apartemen. Developer dinilai tidak hanya perlu mengembangkan fasilitas untuk pemilik apartemen secara pribadi melainkan juga fasilitas fasilitas umum yang membantu interaksi sosial antar penghuni apartemen.

Developer juga perlu membangun fasilitas taman bermain untuk anak atau bahkan daycare yang terintegrasi dengan bangunan apartemen untuk memastikan bahwa anak anak yang tinggal di apartemen tersebut memiliki exposure interaksi sosial yang cukup dengan anak anak di lingkungannya.

 Selain itu pembangun apartemen juga harus memastikan unit apartemen yang mereka bangun kedap suara. Sehingga anak anak yang menghuni apartemen tersebut dapat dengan bebas bermain dan berteriak dengan tanpa takut mengganggu tetangganya.

Hal ini untuk menyiasati salah satu kekurangan apartemen dibandingkan rumah tapak yang relatif lebih ramah anak. Terlebih jika pengembang apartemen tersebut mengklaim apartemen yang dibangunnya adalah apartemen untuk keluarga.

Dalam hal ini PT. Pudjiadi Prestige Tbk selaku pengembang Azalea serviced apartment suites tidak hanya membangun unit apartemen yang nyaman dan aman tetapi juga membangun fasilitas lain yang memudahkan anda untuk berinteraksi dengan tetangga anda. Fasilitas tersebut seperti Jogging Track, Green Area dan Swimming Pool.

baca juga

    Lain daripada itu Azalea serviced apartment suites juga dibangun dengan bahan yang kedap suara sehingga cocok untuk anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Anda tidak perlu khawatir suara teriakan atau tangisan anak anda akan mengganggu tetangga kanan kiri anda.

    Dengan demikian anda tidak perlu risau dalam hal membangun interaksi sosial walaupun anda harus tinggal di hunian vertikal.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like
    Read More

    BISNIS ARTIS MEMBUAT PARFUM

    Undercover.co.id – Banyak sebagian orang yang menekuni beberapa pekerjaan sekaligus, termasuk salah satunya artis. Beberapa artis memilih memanfaatkan…
    Read More

    Ritesh Agarwal CEO OYO

    https://www.jkietee.com – Anak muda biasanya diasosiasikan sebagai orang yang belum berpengalaman yang masih memiliki idealisme yang sangat tinggi.…