Hambatan Investor Mencari Supplier di Indonesia

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, menawarkan sumber daya yang luar biasa. Namun, seringkali sulit bagi investor asing untuk menemukan atau melakukan kontak dengan pemasok Indonesia.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan hambatan paling umum yang dihadapi perusahaan asing ketika mencari pemasok di Indonesia, dan menjelaskan bagaimana  untuk mengatasi hambatan ini.

Kami juga akan mencantumkan persyaratan yang harus Anda penuhi jika Anda berniat untuk mengekspor barang dari Indonesia.

Hambatan komunikasi dengan pemasok Indonesia

Tantangan menemukan pemasok Indonesia online

Penghalang pertama dari pencarian pemasok Anda di Indonesia kemungkinan akan muncul ketika Anda menemukan bahwa sangat sulit untuk menemukan pemasok Indonesia secara online.

Sebagian besar perusahaan Indonesia masih dalam masa pertumbuhan di Dunia internet. Bahkan jika perusahaan memiliki situs web, itu mungkin sudah ketinggalan zaman informasi kontak, atau mungkin tidak dapat ditemukan dengan mudah melalui Google.

Informasi lama atau tidak mencukupi di situs web

Bisnis di Indonesia tidak banyak menekankan untuk membuat diri mereka terlihat online atau menjaga informasi web mereka yang ada diperbarui.

Jika Anda menemukan situs untuk pemasok yang tampaknya sesuai dengan kriteria Anda, kemungkinan besar informasi di situ tidak lengkap atau ketinggalan zaman.

Perhatikan waktu situs web dibuat dan informasi ditambahkan. Jika mungkin, ini juga membantu untuk memeriksa kembali informasi dari sumber lain juga.

Kesulitan mendapatkan balasan

Bahkan jika Anda berhasil mendapatkan informasi kontak dari vendor yang Anda minati, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan respons setelah mengirimkan pertanyaan Anda.

Sayangnya, sebagian besar bisnis di Indonesia tidak ingin membalas email, terutama dari pengirim yang belum mereka kenal.

Ini sebagian merupakan masalah teknis – mereka tidak memiliki sistem manajemen timah yang tepat – dan sebagian lagi merupakan masalah kepercayaan.

Orang Indonesia umumnya sangat berhati-hati dengan orang-orang yang mereka tidak kenal dengan baik dan dengan demikian cenderung berasumsi bahwa Anda tidak serius.

Channel Komunikasi Yang Perlu Diperhatikan

Komunikasi melalui email dapat bekerja dengan baik tetapi hanya jika Anda sudah melakukan kontak.

Kami merekomendasikan bahwa alih-alih mengirim email yang tidak diminta, cobalah untuk menghubungi pemasok melalui telepon terlebih dahulu, atau lebih baik lagi, bertujuan untuk pertemuan tatap muka.

Jika Anda tidak dapat sering bepergian ke Indonesia sendiri, cari perwakilan yang dapat bertindak sebagai perwakilan lokal Anda. yang dapat mengatur dan melakukan pertemuan dengan pemasok yang telah Anda pilih atau cari pemasok atas nama Anda.

Apa yang harus Anda pertimbangkan untuk mencari pemasok di Indonesia

Terhambatnya Jalur Komunikasi

Kurangnya keterampilan bahasa Inggris

Kesulitan lain yang mungkin muncul adalah segala macam masalah komunikasi – mulai dari kurangnya pengetahuan tentang budaya lokal hingga hambatan bahasa dari kedua belah pihak.

Investor asing terbiasa menyelesaikan sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris.

Namun, sebagian besar orang Indonesia tidak belajar banyak tentang hal itu di sekolah, terutama di luar kota-kota besar.

Untuk alasan ini, kami sangat menyarankan untuk melibatkan penasihat lokal ketika melakukan bisnis di Indonesia. Dengan cara ini Anda akan menghindari terjadinya ambiguitas linguistik.

baca juga

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Mitra Lokal Di Indonesia

Mitra lokal juga akan membantu Anda memahami budaya bisnis lokal dengan lebih baik, dengan menafsirkan kebiasaan dan harapan tidak tertulis dalam melakukan bisnis di Indonesia.

Jangan berasumsi bahwa “Ya, Bos” berarti Anda memiliki kesepakatan

Istilah “Ya, Bos” adalah ungkapan yang tersebar luas dan agak otomatis dalam cara bahasa Indonesia.

Jangan anggap remeh ketika mendiskusikan bisnis dan pastikan Anda selalu mengkonfirmasi ulang semuanya sebelum Anda merayakan kesepakatan terlalu dini.

Tidak ada keraguan bahwa cara berbisnis di Barat berbeda dari kebiasaan bisnis di Indonesia.

Untuk memberikan lebih banyak wawasan, kami telah membahas topik ini lebih terinci dalam artikel kami sebelumnya tentang beragam budaya bisnis di Indonesia.

Standar kualitas buruk

Masalah lain yang sering terjadi adalah kualitas produk yang buruk. Investor asing sering menemukan bahwa produk yang mereka pesan tidak memenuhi persyaratan kualitas mereka dan mereka terpaksa mencabut pesanan mereka.

Juga tidak jarang bahwa bahkan jika pengiriman pertama sesuai, yang berikutnya mungkin tidak mengikuti standar.

Kerepotan seperti itu dapat dihindari dengan melakukan kontrol kualitas yang sering. Pada akhirnya, Anda mendapatkan apa yang Anda minta.

Manfaat menggunakan layanan pencarian pemasok di Indonesia

Lebih mudah daripada mencari pemasok di Indonesia sendiri

baca juga

    Proses menggunakan layanan pencarian pemasok kami cukup sederhana dan mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah memberi kami rincian tentang produk yang Anda cari, dan kami menangani sisanya.

    Leave a Reply

    18 + five =

    Open chat
    silahkan chat kami disini
    Silahkan Chat Untuk
    Pemasangan Iklan Dan
    Order Jasa Digital Marketing
    Powered by