Hunian Ala Kota Besar

Undercover.co.id – Tidak dapat dipungkiri bahwasanya jauh dari rumah (comfort zone) merupakan tantangan tersendiri baik itu untuk perantau kelas mahasiswa hingga perantau kelas ekspatriat. Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah menemukan tempat tinggal yang nyaman,aman, dekat kantor atau kampus dan sesuai budget.

Namun sayangnya tinggal dirumah baik kontrakan maupun beli rumah sendiri seringkali tidak memungkinkan. Sebab harga tanah dan perumahan di kota kota besar seringkali jauh dari jangkauan.

Hunian Alternatif Untuk Kamu Yang Tinggal Jauh Dari Rumah dan Di Perkotaan

Nah berikut ini alternatif hunian selain perumahan yang bisa anda pilih sebagai tempat tinggal anda selama jauh dari rumah:

1.      Apartemen di Cikarang

Apartemen adalah hunian vertikal yang memiliki fasilitas lengkap seperti minimarket, kolam renang, jogging track hingga fitness center. Biasnya harga sewa apartemen cukup murah dibandingkan harga kondominium atau rumah kontrakan yang terletak di pusat kota.

Apartemen sendiri terdiri dari berbagai macam spesifikasi ruangan mulai dari yang cocok untuk mahasiswa dan karyawan single seperti apartemen tipe studio, hingga apartemen yang cocok untuk keluarga seperti apartemen dengan 2 kamar atau 3 kamar.

Berbeda dengan kost kostan, mayoritas apartemen juga dibangun tepat dipinggir jalan dan memiliki kapasitas parkir yang jauh lebih luas. Oleh karena itu penghuni apartemen relatif tidak akan kesulitan untuk parkir dan memasukkan serta mengeluarkan mobil.

Umumnya apartemen dibangun ditengah pusat kota sehingga dekat dengan fasilitas fasilitas umum seperti stasiun, rumah sakit dan kampus seperti Azalea serviced apartment suites.  apartemen di cikarang Azalea serviced apartment suites adalah apartemen yang terletak tepat di jantung kota Cikarang.

Apartemen ini selain dekat dengan rumah sakit seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga dan Rumah Sakit Siloam juga dekat dengan kawasan Industri Jababeka dan Kawasan Industri MM21000. Berbeda dengan apartemen lainnya, Azalea serviced apartment suites didesain khusus mengadopsi budaya Jepang sehingga memiliki fasilitas fasilitas yang tidak dimiliki oleh apartemen lain seperti pemandian air panas Onsen dan spa khas Jepang.

Selain Azalea serviced apartment suites, PT. Pudjiadi Prestige juga mengembangkan tiga apartemen lainnya yang bisa anda jadikan referensi yaitu Senopati Apartment dan Kemang Apartment Jakarta Selatan serta Prapanca Apartment Jakarta Barat.

Apartemen adalah hunian yang cocok untuk yang suka kesederhanaan tapi tampak elegan dan cocok untuk anda yang menyukai privasi.

2.      Kondominium

Sebenarnya, kondominium dan apartemen sama sama hunian vertikal. Fasilitas yang dimilikipun kadang sama.

Menurut tulisan di kompas.com[i][ii], perbedaan utama apartemen dan kondominium terletak pada hak guna bangunan. Apartemen umumnya identik dengan hunian vertikal yang disewakan per unit sedangkan kondominium adalah hunian vertikal yang dijual perunit. Namun demikian, sekarang perbedaan ini semakin rancu mengingat saat ini banyak apartemen yang dijual juga.

Apabila anda memilih untuk tinggal di kondominium dan anda hanya ‘menyewa’ dari penghuni yang sebelumnya, pastikan anda menanyakan hal hal penting tentang kondominium tersebut. Kalau bisa anda juga menulisnya. Sehingga anda akan terbebas dari risiko pemilik yang berperilaku buruk.

Karena pengelola tidak bertanggung jawab atas masing masing unit melainkan hanya bertanggung jawab atas fasilitas fasilitas umum yang dimiliki oleh bangunan kondominium tersebut. Lain halnya jika anda memilih untuk tinggal di apartemen servis seperti Azalea serviced apartment suites, pihak pengelola manajemen juga bertanggung jawab untuk membantu anda nyaman di tempat tinggal anda.

Selain Azalea serviced apartment suites, PT. Pudjiadi Prestige Tbk juga memiliki satu bangunan kondominium bernama Kondominium Kelapa Gading Tower di Jakarta Utara. Sehingga jika anda tertarik untuk mencari referensi, anda bisa langsung menanyakannya langsung kepada staff saat survey atau menilik langsung di laman pudjiadiprestige.co.id.

3.      Kost Kostan

Jenis properti yang terakhir ini umumnya akrab untuk konsumen mahasiswa. Kost kostan atau rumah kost umumnya terletak di perkampungan yang meskipun tidak jauh dari pusat kota tapi harus msuk masuk ke gang terlebih dahulu.

Rumah kost terbagi menjadi dua jenis yaitu kost biasa dan kost eksklusif. Baik kost biasa maupun kost eksklusif dapat anda gunakan bersama keluarga anda.

Hanya saja kost eksklusif memiliki fasilitas seperti apartemen. Layaknya apartemen, kost ekslusif umumnya juga memiliki kamar mandi di dalam kamar, CCTV, parkir mobil dan air conditioner. Akan tetapi tidak seperti apartemen, fasilitas dapur di dalam rumah kost umumnya digunakan bersama sama dengan penghuni lainnya. Sehingga antar sesame penghuni rumah kost masih bisa saling berinteraksi cukup sering.

Kost eksklusif adalah hunian yang cocok untuk anda yang tidak membawa mobil (atau hanya bawa satu mobil saja) dan menginginkan interaksi yang lebih intense dengan tetangga kamar. Sebab karena letaknya yang agak masuk gang, mobil akan kesusahan untuk keluar masuk dan parkir.

4.      Kontrak Rumah

Menyewa rumah tapak bukan berarti tidak mungkin bagi perantau di perkotaan. Rumah tapak memiliki beberapa kelebihan dibandingkan hunian vertikal seperti apartemen atau kondominium.

Akan tetapi untuk mencari kontrakan rumah tapak yang terjangkau dan lumayan dekat dengan pusat kota terbilang cukup susah. Biasanya kalaupun dekat dengan kantor dan pusat kota, harga sewa kontrakan rumah akan lebih mahal dibanding jika anda mengontrak rumah yang cukup jauh dari pusat kota.

Bagi ekspatriat tentu bukan hal yang susah untuk menyewa rumah yang cukup mahal didekat kantor anda jika anda membawa keluarga. Namun tentu anda akan berpikir ulang untuk menyewa rumah apabila anda ke Indonesia sendirian.

Lain daripada itu, anda harus mengurus kebutuhan anda sendiri jika anda mengontrak rumah. Kalaupun anda bisa menyewa asisten rumah tangga (ART) belum tentu ART tersebut adalah orang yang terlatih dan terpercaya.

Ceritanya akan berbeda jika anda menyewa apartemen servis seperti Azalea serviced apartment suites. Di apartemen jenis ini, urusan sehari hari rumah tangga anda akan ditangani oleh individu individu terpercaya dan terlatih.

baca juga

    Terlebih bila mengingat Azalea serviced apartment suites dikembangkan oleh PT. Pudjiadi Prestige Tbk, sebuah perusahaan properti kenamaan di Indonesia dan dikelola oleh Taisei Corporation, sebuah perusahaan yang telah membangun dan menangani lebih dari 1000 properti di Jepang.

    Itu tadi beberapa alternatif hunian yang dapat anda tinggali selama anda hidup di kota dan jauh dari rumah. Masing masing tipe hunian tentu memliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda masing masing.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like
    Read More

    Investasi Saham

    jkietee.com – Sejarah menunjukkan bahwa berinvestasi dalam saham termasuk usaha paling memberi profit untuk membangun sukses jangka panjang.…
    Read More

    Banana Nugget Juara

    https://www.jkietee.com Nuget pisang tentu sudah tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Cara pengolahannya sederhana, namun rasanya tidak kalah…