Ikhlas Beramal Melalui Pasifamal.id

https://jkietee.com Wakaf adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh seluruh umat islam. Bukan ibadah yang wajib, tetapi posisinya memiliki keistimewaan tertentu bagi yang menjalankan. Orang yang berwakaf akan mendapatkan pahala berlipat bahkan pahala tersebut akan tetap mengalir meskipun mereka telah meninggal.

Berbeda dengan shodaqoh, wakaf adalah suatu aktivitas amal yang maksud dan tujuannya sudah ditentukan sebelumnya oleh orang yang mewakafkan. Sehingga apa yang diwakafkan harus digunakan sesuai dengan yang diikrarkan. Tidak boleh dimanfaatkan untuk keperluan lain meskipun keperluan tersebut juga dianggap bermanfaat.

Wakaf selain sebagai sebuah aktivitas ibadah, sebenarnya juga memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Khususnya di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, bahkan terbesar di seluruh dunia. Namun saat ini wakaf cenderung belum atau tidak dikelola secara profesional.

Meskipun sudah banyak lembaga yang mengakomodir kebutuhan orang untuk berzakat. Tetapi lembaga-lembaga tersebut masih dikelola secara tradisional. Sehingga jangkauannya tidak bisa meluas dan kemanfaatan dari wakaf tersebut tidak bisa dirasakan oleh orang dari lintas wilayah.

Pasifamal.id dalam hal ini hadir sebagai platform digital yang khusus bergerak dalam bidang pengelolaan zakat secara profesional. Pasifamal.id selalu menekankan bahwa zakat bukanlah crowdfunding. Meskipun sama-sama memiliki tujuan amal yang fokus di bidang sosial namun Pasifamal.id selalu menjaga koridor agar tetap sesuai dengan syarat dan ketentuan wakaf.

Crowdfunding memungkinkan lembaga penerima dana sosial tersebut untuk mengalokasikan dana sosial yang masuk sesuai dengan program-program mereka tanpa kesepakan apapun sebelumnya. Sedangkan, Pasifamal.id sebagai platform digital penerima dana wakaf harus mengalokasikan dana tersebut benar-benar untuk keperluan yang telah diikrarkan di awal. Pasifamal.id juga harus memastikan dan menjaga dana pokok yang telah diwakafkan agar selalu tetap dan tidak berkurang.

Wakaf Tidak Perlu Mahal

Program wakaf Pasifamal.id adalah program wakaf yang tidak perlu mengeluarkan dana besar atau membutuhkan benda tak bergerak seperti tanah, bangunan, pohon yang bisa diambil manfaatnya dan tentunya hanya orang tertentu yang bisa melakukannya.

Pasifamal.id membantu semua orang agar tetap memiliki amal jariyah yang keberkahannya mengalir abadi melalui wakaf. Bagi orang-orang yang tidak memiliki aset, Pasifamal.id memberikan alternatif agar dapat berwakaf dengan uang tunai.

Lewat salah satu program Pasifamal.id bahkan setiap orang saat ini bisa berwakaf dengan uang Rp 50.000 saja. Meskipun demikian Pasifamal.id juga akan tetap memfasilitasi bagi siapa saja yang ingin berwakaf berupa tanah atau benda tak bergerak lainnya.

Wakaf uang yang terkumpul tersebut akan menjadi dana abadi yang jumlahnya tidak akan berkurang. Kemudian uang pokok yang terkumpul tersebut akan dikelola dan manfaatnya akan disalurkan terus menerus sesuai dengan ikrar wakaf. Tentu ini akan menjadi amal jariyah bagi kita dan pahalanya akan mengalir abadi sepanjang masa.

Program Pengelolaan Wakaf Pasifamal.id

Pasifamal.id memiliki beberapa program alokasi dana wakaf yang bisa dipilih oleh setiap orang yang ingin berwakaf. Tentunya dari setiap program tersebut Pasifamal.id akan menyediakan Nadzir yang bertugas untuk mengurus dan bertanggungjawab atas kekayaan wakaf serta hasilnya, dan melaksanakan perwakafan sesuai dengan tujuan yang telah diikrarkan sebelumnya.

Sistem alokasi dana wakaf Pasifamal.id sebenarnya semuanya adalah sama yaitu mengelola dana pokok wakaf yang menjadi dana abadi. Setiap dana wakaf terkumpul Rp. 1.000.000.0000 akan ada Rp. 200.000.000 manfaat wakaf yang bisa disalurkan untuk keperluan program yang sudah diikrarkan sebelumnya. Tentunya dana yang disalurkan tersebut sedikitpun tidak mengurangi dana wakaf pokok yang terkumpul.

Program-program Pasifamal.id antara lain adalah dana abadi penanggulangan pandemi nasional, dana abadi pengentasan kemiskinan nasional, dana abadi pendidikan nasional, dana abadi penanggulangan bencana nasional, dana abadi pemodalan UMKM nasional dan beberapa program lainnya.

Dana Abadi Permodalan UMKM Nasional Pasifamal.id

Permasalahan UMKM saat ini salah satunya adalah berkaitan dengan kemudahan dalam akses modal. Meskipun UMKM dapat meminjam modal ke instansi tertentu namun biasanya bunga yang harus dibayarkan untuk uang pinjaman tersebut cukup tinggi.

Program Pasifamal.id yang menyediakan permodalan berbasis wakaf uang ini akan menyediakan modal yang bersumber dari manfaat pengelolaan wakaf uang dengan cost of fund 0%. Permodalan ini nantinya akan menggunakan model mudharabah muqoyaddah yang lebih adil baik bagi pengusaha dan pemilik modal dengan sistem bagi hasil.

Nantinya setiap terkumpul wakaf uang Rp. 1.000.000.000,- manfaat wakaf uang tersebut akan disalurkan sebesar Rp. 200.000.000 kepada 20 pengusaha UMKM dengan sistem mudharabah muqoyyadah tanpa jaminan, tanpa bunga, tanpa denda dan tanpa sita. Dana pokok yang telah diwakafkan yaitu sebesar Rp. 1.000.000.000,- tetap utuh selamanya dan manfaatnya akan disalurkan terus menerus kepada pengusaha UMKM yang menjadi amal jariyah bagi para wakif.

Dana Abadi Penanggulangan Pandemi Nasional Pasifamal.id

Bencana pandemi ini tentu menyisakan luka yang mendalam bagi seluruh negara, tak terkecuali di Indonesia. Meskipun pemerintah telah berusaha secara maksimal dalam penanganan bencana ini namun bantuan dari berbagai pihak tetap dibutuhkan. Tentu banyak yang perlu dibangun kembali meskipun pandemi ini nantinya telah usai.

Pasifamal.id untuk mengatasi Pendemi ini membuka program wakaf dana abadi penanggulangan pandemi nasional. Target yang ingin dicapai untuk dana pokok program ini adalah sebesar Rp. 10.000.000.000 sehingga nantinya akan ada Rp. 2.000.000.000 yang dapat disalurkan untuk penanggulangan pandemi ini.

Baca Juga:

  • Odest.id Distributor Produk Kecantikan Sehat dan Alami
  • Mencari Programmer Semakin Susah, Suitcareer Membantu Mempermudah
  • Membantu Pesantren Go Digital Melalui Pesantri.com
  • Mediatechindo.com, Berkolaborasi Membangun Aplikasi
  • Bankplus.id, Selamatkan Bisnis Layanan Keuangan Anda

Dana Abadi Pengentasan Kemiskinan Nasional Pasifamal.id

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemiskinan masih menjadi isu yang belum terselesaikan sampai saat ini di Indonesia. Bahkan saat ini masih terdapat sekitar 40 juta orang yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Melihat kondisi ini tentu berbagai tindakan di perlukan untuk dapat melakukan pengentasan kemiskinan di indonesia yaitu dengan menstimulasi pertumbuhan ekonomi, memperkuat kemampuan sumber daya manusia, mengurangi tingkat kerentanan dan resiko di antara rumah tangga miskin, dan memperkuat kerangka kelembagaan yang dapat melakukan program-program tersebut serta dan membuat kebijakan publik lebih memihak masyarakat miskin.

Target Dana Pokok wakaf yang akan ditargetkan Pasifamal.id untuk pengentasan kemiskinan ini adalah sebesar Rp. 10.000.000.000 untuk dana abadi dan Rp. 10.000.000.000 untuk wakaf uang kolektif. Hal ini tentu melihat dari urgensi pengentasan kemiskinan ini

Selain ketiga program di atas masih banyak program lagi yang diadakan oleh Pasifamal.id dengan target dana Pokok yang masing-masing juga berbeda sesuaikan dengan tingkat urgensi dari program tersebut. Selama ini sudah banyak pihak yang mempercayakan pengelolaan wakafnya ke Pasifamal.id.

Platform ini telah bekerjasama dengan BTN Syariah untuk melakukan pengelolaan dana abadi wakaf serta telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, setiap orang tidak perlu lagi khawatir untuk mempercayakan pengelolaan dana wakafnya kepada Pasifamal.id. Bahkan untuk setiap orang yang melakukan wakaf dari Pasifamal.id akan selalu menerbitkan sertifikat wakaf, meskipun dana wakaf yang diberikan hanya sebesar Rp. 50.000.

Jika inginmengetahui lebih lanjut terkait platform ini bisa kunjungi website pasifamal.id 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like