Josh Wintersgill Dirikan Bisnis Ablemove

jkeitee.com Banyak orang mengasosiasikan para penyandang disabilitas sebagai orang yang hanya dapat menerima belas kasihan seumur hidupnya.

Padahal tidak sedikit penyandang disabilitas yang berani mengambil langkah maju memberdayakan dirinya dan lepas dari pertolongan orang lain.

Bahkan adapula penyandang disabillitas yang justru menjadi pendiri bisnis hebat yang mempekerjakan orang yang memiliki anggota tubuh lengkap.

Salah satu contohnya adalah Josh Wintergill, penyandang disabilitas yang mendirikan bisnis alat bantu gerak bernama Ablemove.

Hebatnya inspirasi Josh Wintergill didapat dari dirinya sendiri yang ingin berpergian dengan transportasi umum tanpa dibantu orang lain.

Berkat ide bisnis tersebut, Josh berhasil memenangi penghargaan UK Disable Entrepreneur Award yang disponsori oleh jutawan Inggris, Sir Stellios Haji-Ioannou.

Ide Mendirikan Ablemove

Joshua Wintergilll terpaksa harus menjadi penyandang disablitas ketika pada usianya yang ke 18 bulan, ia didagnosa menderita Spinal Muscular Athropy tipe 3.

Penyakit ini menyerang saraf motorik penderitanya dan mengakibatkan pengecilan atau atrofi otot seiring bertambahnya usia.

Pada usia sekolah, Josh sudah tidak bisa lepas dari kursi roda elektriknya dan bahkan tidak bisa melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan kecil, berpakaian, hingga pergi ke kamar mandi.

Meskipun begitu, semangatnya mengejar pendidikan dan karir tidak hilang seturut dengan kemampuan motoriknya.

Josh Wintersgill Penyandang Disabilitas yang Dirikan Bisnisnya Sendiri, Ablemove

Ia berhasil lulus dari University West of England pada tahun 2015 dengan gelar sarjana Teknologi Informasi dan Bisnis dan sempat berkarir sebagai manajer keamanan siber selama tiga tahun.

baca juga

Didorong oleh sulitnya menjalani aktivitas kantoran sebagai penyandang disabilitas dan terinspirasi oleh kakeknya yang mendirikan bisnis sendiri, Joshua berkeinginan untuk mengikuti hal serupa.

Ide bisnisnya muncul dari kesulitannya untuk naik dan turun dari pesawat, dimana ia harus benar-benar bergantung kepada orang lain untuk melakukan aktivitas tersebut.

Melihat ketergantungannya kepada orang lain sebagai ketidaknyamanan, Josh terpikir untuk membuat sebuah kursi bantu khusus untuk beraktivitas di pesawat terbang.

Josh pun mantap untuk menamai perusahaannya  dengan nama Ablemove sebagai representasi visinya untuk membuat penyandang disabilitas bisa bergerak layaknya orang biasa.

Ablemove resmi berdiri pada Februari tahun 2018.

Banyak hal yang dipikirkan oleh Josh ketika mendesain kursi ini, tidak hanya dari sisi fungsional Josh juga memperhatikan aspek psikologis.

Aspek psikologis dari kursi ini terungkap dalam sebuah temu wicara dengan radio British Broadcasting Corporation (BBC) dengan Josh dan kedua wirausaha penyandang disablitas lainnya.

Josh mengatakan kursi buatannya diharapkan dapat membantu mengurangi persepsi negatif terhadap para penyandang disablitas.

Persepsi negatif yang dimaksud adalah kegiatan menolong penyandang disabilltas selama di pesawat yang dianggap banyak membuang waktu.

Selain itu dari perspektif keselamatan, alat bantu ini juga dapat mencegah terbuangnya waktu untuk menyelamatkan diri karena harus membantu penyandang disablitas.

baca juga

Terbantu Pengalaman Masa Kecilnya

Banyak yang mengira Josh mendapat perlakuan khusus dari kedua orangtuanya karena kondisi fisiknya tersebut.

Faktanya Kedua orangtua Josh justru membiasakan disiplin kepada Josh layaknya anak normal.

Ia, misalnya tetap dimarahi apabila tidak melakukan hal yang diperintah oleh orangtuanya termasuk mencuci piringnya meskipun ia membutuhkan upaya lebih.

Josh sendiri merasa terbantu dengan cara didik orangtuanya tersebut, Ia justru merasa lebih terbiasa untuk hidup mandiri dan berani melakukan apapun, termasuk mendirikan bisnisnya sendiri.

Hingga saat ini, Josh berhasil memimpin tim yang terdiri dari beberapa teman dan keluarganya untuk membawa kursi bantu penemuannya menuju pasar global.

bac ajuga

Menerima Penghargaan Stelios Award

Ide bisnisnya untuk membuat kursi bantu bagi penyandang disablitas mendapat apresiasi dari UK Disable Entrepreneur Award yang disponsori oleh Jutawan Sir.Stelios Haji-Ioannou.

UK Disabie Entrepreneur Award merupakan program pencarian wirausahawan penyandang disabilitas berbakat yang memiliki produk yang dapat ditenggarai dapat mengubah dunia.

Program yang juga dibantu oleh Lembaga Amal Leonard Chesire menghadiahkan total £ 110.000 untuk lima wirausahawan terbaik dimana pemenang utamanya berhak untuk mendapatkan total £30.000 atau sekitar 540 juta Rupiah.

Dalam proses seleksi, Sir Stelios mengungkapkan bahwa ide yang dihasilkan oleh Josh terlihat simpel namun memiliki dampak sosial yang luar biasa.

Sir Stelios mengungkapkan bahwa kursi bantu buatan Josh telah memberi kepercayaan diri baru bagi para penyandang disabilitas untuk menjalani aktivitas yang biasanya harus dibantu oleh orang lain.

Meski tidak menjadi pemenang utama, produk kursi bantu yang dimiliki Josh mendapat kesempatan bergabung ke dalam portofolio merek The Easy yang dikelola oleh grup bisnis milik Stelios.

Dampak lain, Josh juga bisa mencurahkan waktunya 100% penuh untuk mengurus Ablemove yang memudahkan hidupnya sebagai penyandang disablitas.

Selain itu Josh juga mendapat kesempatan untuk menjadi pembicara terpilih dalam berbagai forum-forum bisnis di seantero universitas Inggris tentang inspirasi kewirausahaan.

baca juga

Memiliki Hobi Lain

Sebagai pengidap penyakit gangguan saraf motorik, melakukan banyak aktivitas sudah menjadi menu wajib bagi Josh untuk dapat berdamai dengan keadaannya.

Sebelum menderita lumpuh total, Josh banyak mengikuti kegiatan olahraga seperti renang dan sepakbola.

Banyaknya aktivitas yang diikutii oleh Josh tersebut membantunya mengurangi dampak buruk dari gangguan neuron hingga akhirnya ia bisa meninggalkan rumah pada usia 18 tahun untuk berkuliah layaknya remaja normal.

Untuk menjaganya tetap beraktivitas ia juga memilih untuk banyak terlibat kegiatan kampus meskipun dengan skala yang agak terbatas demi membangun sosialisasi.

Setelah aktif sebagai pemilik bisnis, Josh masih terlibat dengan kegiatan lain termasuk menyalurkan hobinya.

Hingga Kini Josh tercatat aktif sebagai salah satu atlet tim nasional Rifle Gun Britania Raya yang berpotensi untuk masuk dipanggil ke Olimpiade 2020 mendatang.

Josh Wintersgill telah membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menghalanginya menjadi apapun yang ia mau.

Leave a Reply

3 × 1 =

Open chat
silahkan chat kami disini
Silahkan Chat Untuk
Pemasangan Iklan Dan
Order Jasa Digital Marketing
Powered by