Rahasia Kopi Kenangan Mendapat Ratusan Milyar Dari Investor

https://www.jkietee.com – Setelah memiliki 8 toko, kami membiayai 8 juta dolar dari Alpha JWC, lalu Sequoia Capital beberapa bulan yang lalu dengan 20 juta dolar.

Pada hari istimewa ini kita. kedatangan bintang tamu muda yang telah menjadi jutawan, dan menjadi sensasi di seluruh Indonesia.

Siapa pendiri Kopi Kenangan?. Selamat siang

Jadi. Hari ini, kami ingin belajar dan sosok Edward Tirtanata sangat inspiratif.

semua berita Anda, kisah Anda ada di seluruh Indonesia, kami ingin belajar di sini. dari pengalaman Anda,

Toko saya juga tidak di seluruh Indonesia. Baru. Mungkin ini sudah berakhir JABO, dan Semoga kita, apa namanya? Bisa segera jadi. di seluruh Indonesia dan Luar, juga di luar negeri, di seluruh Asia Tenggara, jika demikian. apa namanya sekarang kita sudah memiliki 160 dan buka 1 per hari, tambahkan momen, 1 toko sehari, ok keren sekali.

Bawa saya kembali sedikit kisah belakang Kopi Kenangan, bagaimana idenya, karena seperti Anda bagikan. Dulunya bukan pengusaha kopi, ya, pengusaha teh, pengusaha teh, ya, jadi.

Jadi saya memulai F&B Journey saya pada 2015, ya, pada 2015 saya membuat Tea Hall bernama Lewis and Carroll, yang merupakan kombinasi. dari nama CS Lewis dan Louise Carroll, keduanya adalah penulis yang pecinta teh. begitu juga.

Jadi itu akhir kami, cukup baik, kami total memiliki 5 toko seperti waktu itu. Sampai 2017 dan sepertinya kita sudah menjadi salah satu yang terbesar untuk Premium Tea, hanya saja kita tidak. melihat bahwa ini bisa, dapat dikembangkan lebih jauh dari ini, saya tidak bisa. melihat bahwa Lewis dan Caroll dapat mencapai 10 toko dan atau bahkan 100 toko.

sementara ambisi saya sebenarnya ingin menjadi perusahaan besar, bukan?. Pikirkan Starbucks, yang memiliki toko Dua Puluh Ribu, Pikirkan McDonald’s, Saya Tidak tahu berapa banyak Ribu Toko. jadi ambisiku lebih dari 10, jadi semuanya dalam hidup ini dimulai dari visi pertama,

kamu ingin jadi apa,. apakah kamu puas dengan satu kafe kecil. Apakah Anda baru saja puas dengan 10 ribu toko, yaitu, 10 ribu Rantai QSR, itu dimulai di sana, Jadi karena.

baca juga

    Saya melihat bahwa visi saya tidak dapat diwujudkan dalam Lewis dan Caroll, saya akhirnya mencoba. untuk membuat sesuatu yang lebih besar, kopi yang berkesan, karena mengapa, kita melihat di sana.

    Kehilangan celah di Indonesia, kami telah minum kopi selama ini, mungkin di kencan muda. minum Starbuck, tanggal sudah tua jadi minum Kopi Instan, mengapa tidak tampak seperti tidak ada orang di tengah, jika misalnya Anda minum Starbuck, setiap hari atau. sejenisnya, Rp. 40.000 kali. 30 hari, 1,2 juta, UMR 4 juta sehingga itu berarti sekitar 30% dari Upah minimum, bukan sesuatu yang bisa diminum setiap hari.

    Jadi itu sebabnya kami mencoba memberikan sesuatu dengan kualitas yang sama atau mungkin. Lebih baik dari secangkir Kopi 40 ribu atau lebih, tetapi harga Rakyat di bawah. Rp. 20.000, kebetulan ketika saya melihat kopi susu, ada pertandingan lain di Indonesia. hanya ada satu pelopor, TUKU, tapi saya melihat ini aneh, kenapa ada begitu banyak yang menyalin TUKU?. tetapi buat toko di sebelah segalanya, satu Cipete, satu Cipete, satu di Santa Market dan kemudian semua di Santa Market.

    Meskipun dalam bisnis, itu bisa dilihat dari kemasannya, ini mirip dengan Bubble Tea, Bubble Tea bagus di mana mal itu sama. Kantor, dari situlah akhirnya saya mulai di kantor, yaitu di Tower of Chartered Standards, karena kala itu modal. kami biasa-biasa saja, jadi kami berakhir di kantor dulu, mengapa kantor bisa lebih murah di mal, di mal semuanya mahal, tidak ada yang murah,.

    Kita mulai di StandChard, kita buka toko pertama, impas 3 bulan, lalu akhirnya kita punya 8 toko. hingga, apa namanya, setelah kami memiliki 8 toko kami membiayai 8 juta untuk Alpha JWC. lalu Sequoia Capital, berapa bulan yang lalu dengan 20 juta dolar, sesuatu seperti itu, luar biasa, saya baru tahu. Saya dulu membuat Lewis dan Caroll, sebenarnya Lewis dan Carol ada di Senayan City, ada yang di bawah.

    Di sebelah itu, kan? Ya, jadi itu ternyata adalah Proyek Jalur Anda yang Anda rasa Anda ingin tingkatkan, hanya. Anda tidak benar-benar merasakannya, jangan berpikir Anda dapat meningkatkan hingga puluhan ribu toko, ya, karena jika saya. bayangkan jika misalnya Lewis dan Caroll kita taruh di Settle x city, 1 gelas akan menjadi 40 ribu, itu benar, jadi. bawa sesuatu yang bisa diminum setiap hari Lah, ya ya, jadi dari lukisan Carol itu bisa pergi ke kopi, ada sesuatu. tidak belajar dari Lewis dan Caroll untuk mendesain kopi yang berkesan, dan mengapa itu disebut Kopi Kenangan.

    jadi apa yang saya pelajari ketika saya membuka Lewis dan Caroll mungkin untuk Dua Bulan pertama, saya tidak punya Pelanggan sama sekali. Saya bingung, apa ini?. Apa, sangat berat?

    Apakah ini saya harus tutup, apakah kita harus mengubah strategi atau apa, tapi akhirnya kita. coba beberapa strategi pemasaran dan akhirnya kita punya 7 hari ini. Saya pikir hari ini, 7 tokoh Lewis dan Caroll, yang saya pelajari mengapa saat itu sangat sulit. untuk Lewis dan Caroll sampai ada pelanggan, itu karena namanya terlalu mahal untuk terdengar, terlalu eksklusif, orang akhirnya takut masuk seperti itu, jadi. Oleh karena itu, branding sangat penting, bisnis apa pun adalah F&B, barang konsumen, startup. karena dengan branding, Anda sudah memiliki perasaan mungkin, tepat ketika Anda mendengar Lewis dan Caroll. Orang-orang telah mendengar bahwa itu mahal, mahal, mahal, bukan?

    Saya hanya mendengar kopi. Pastikan segera, wow, ini pasti murah, itu sebabnya orang datang, berani mencobanya karena tidak takut mahal, lalu karena. seperti akhirnya ada pengembalian Pelanggan, saya melihat saya tertarik pada bagaimana Anda dapat membangun bisnis dari. awal mungkin Anda Pitching ke JWC Venture, dapatkan delapan Juta pertama Anda, itulah yang Anda tunggu.

    baca juga

      semuanya sempurna pertama benar, seperti 6P, benar, harga, produk, apa semua jenis Orang. Anda bikin sempurna dulu baru Anda pitch atau pikirkan prosesnya apa?. Oke mungkin sebelum saya jawab kita bisa bahas dulu, Apa itu VC sebenarnya. Kesalahpahaman Paling Umum tentang VC adalah bahwa orang berpikir bahwa VC hanya untuk Take.

      Ada Bukan Kasus, VC adalah investasi pertumbuhan. investasi pertumbuhan dalam arti bahwa mereka mencari sesuatu yang belum sempurna yang masih. banyak kekurangan tetapi dalam tahap pertumbuhan tinggi, jadi, misalnya, misalnya sepatu yang saya pakai. ini allbird, Allbird ini adalah perusahaan bernilai miliaran dolar, hal yang saya buat tiga atau empat tahun lalu. dan ini didanai oleh VC juga, jadi apa namanya, VC juga tidak harus pergi ke Take, itu juga bisa pergi ke Consumer Good.

      Mampu berbagai bisnis, selama itu adalah sesuatu yang bisa tumbuh sangat cepat. Jadi itu sebabnya kita lihat, VC di AS, misalnya mereka telah berinvestasi ke Allbird. to Away, yang menjual Koper, tetapi juga Unicorn, atau misalnya suka. Bahkan jika saya tidak salah, kasur bisa menjadi unicorn, jika itu di AS. Karena mengapa, karena semuanya tumbuh begitu cepat, jadi kami memiliki keberanian untuk pergi ke Alpha JWC. Akan mengingatnya seperti itu, ok, kita tidak pernah mengambil malaikat, tetapi segera mengambil malaikat.

      Tapi, Kopi Kenangan di skor adalah Perusahaan Barang Konsumen, Ini merek. Itulah yang kami jual ke VC, kami akan melihat bahwa kami memiliki 8 toko, semuanya merusak acara 8-5 bulan. maka semua tempat yang kami buka, semuanya berjalan, tidak ada yang berfungsi, kami ingin membuka di LG, kami ingin membuka di ruang bawah tanah. kami ingin membuka di lantai paling atas di ujung jalan juga, itu berarti apa itu menunjukkan skalabilitas, skalabilitas.

      Ketika kita sudah tahu konsep ini dapat dikembangkan, bahwa kita dapat meletakkannya di mana saja dan kita dapat tumbuh dengan cepat. Tentu saja VC juga tertarik, karena itu berarti saya menempatkan Anda, berapa banyak uang yang dapat Anda berikan, konsep ini dapat tumbuh lebih cepat, jadi. itulah esensi dari VC, Growth Investing, hanya itu. VC, ada banyak orang, Minder, jadi ketika saya mendengar bahwa VC takut, saya ingin lebih tepatnya, bagaimana Anda melakukannya?. bagaimana Anda melakukannya seperti itu, mengapa Anda memiliki nyali seperti itu, mengapa Anda pergi begitu saja, dan sekali mencoba.

      Setelah pitching dapat didanai secara langsung, atau apakah Anda harus mencoba dan mencoba lagi, atau apa, apakah Anda mengubah pendekatan apa pun. atau gagal, hei, silakan datang dan coba lagi, atau apa, oke, jadi mungkin perbedaannya sama. mungkin sesuatu tentang saya, saya orang yang gegabah, jadi saya disuruh melempar begitu saja, ya Anda sudah berharap datang berharap, saya gagal. hanya, saya percaya, apa yang dikatakan michael jordan, Anda merindukan tekanan rendah saat ditembak, jika Anda tidak melakukannya. jadi itu sebabnya saya hanya berusaha untuk berani. kemudian pada saat itu, saya bertemu Alpha,

      sebenarnya mereka memberi kami tawaran dari pertemuan pertama seperti itu, karena apa namanya, kami punya. Jawab pertanyaan di semua VC, karena VC adalah untuk membuat kasus investasi utama, selalu semuanya harus menjawab beberapa kriteria. kriteria apa pun, pertama, masalah apa yang ingin Anda pecahkan, lalu kedua,. mengapa sekarang, mengapa sekarang, mengapa Anda tidak selalu menciptakannya, misalnya, lalu apa namanya. lalu TAM, TAM adalah Total Addressable Market, seberapa besar pasarnya, misalnya, dalam 5 hingga 7 tahun ke depan, seberapa besar Anda,. dan berapa persen dari pasar TAM seperti itu, lalu apa solusinya setelah itu?. dan yang paling mungkin solusinya adalah bisnis atau merek Anda, kira-kira yang paling banyak, lalu siapa orangnya, siapa orang yang menjalankan perusahaan. apa latar belakang Anda, mengapa Anda yang paling cocok untuk membangun konsep itu?. dan tentu saja, yang lebih lucu dari VC, Anda sebutkan sebelumnya.

      apakah Anda memiliki P, seperti itu, sebagian besar perusahaan, ketika mereka mendapatkan Pendanaan Benih, sepertinya tidak ada satu pun P. oh saya melihat, seperti misalnya, tidak ada orang, hanya satu pertunjukan orang, pertunjukan satu orang dan sebagainya, misalnya saya tahu salah satu dari portofolio alfa, saya tidak akan mengatakan nama. ketika saya mendapat Pendanaan, saya mendapat Intermship, Literaly, bisnis belum ada, PT belum ada di sana, tetapi karena melihat ide.

      Kemudian dia kebetulan berasal dari Harvard, People juga, lalu TAM yang dia ingin pukul itu besar. Jadi, OK. Lalu saya akan membuat bujukan seperti itu, karena VC dan PE tidak mencari sesuatu yang sempurna, mencari sesuatu yang kemungkinan besar, meskipun ada banyak infeksi di sebuah perusahaan, jadi.

      Meskipun kami berusaha keras, kami tidak tahu semua jawaban, cara mencari pemasok, cara merekrut orang yang tepat. walaupun tidak ada satu pun dari itu jika idenya baik, dan mereka melihat Anda sebagai pribadi, Anda adalah pribadi yang berintegritas. kemungkinan mendapatkan dana besar seperti itu, oh yeah. dan bahkan sebagian besar portofolio VC pada saat mendapatkan pendanaan awal, pendanaan awal otomatis, atau investor gabungan, tidak ada produk untuk pemasaran. itu benar-benar adil, oo saya pikir produk ini adalah masalah yang ingin saya coba selesaikan, begitulah adanya, jadi tidak perlu merasa rendah diri, jangan takut,. produk Anda belum sempurna, tidak diharapkan sempurna, tetapi khususnya di Asia Tenggara, dibandingkan dengan AS.

      Mungkin masalah terbesar dengan Startup, dan sebenarnya kebanyakan orang yang mencoba datang ke gua saya meminta saran, untuk memasang deck mereka.

      Rata-rata saya perhatikan bahwa, masalah terbesar adalah di TAM, Total Addressable Market, karena VC harus Meyakinkan seperti itu. OK bisnis ini, dapatkah Anda mengatakan tentang Penghasilan 100 Juta Dolar, jika mereka dapat menariknya, mereka tidak dapat melihatnya. maka kemungkinan besar mereka tidak akan berinvestasi pada Anda seperti itu, seperti kopi, mudah dilihat untuk mendapatkan omset 100 juta dolar,. karena ada pasar yang begitu besar, itu besar, yah, itu pertama kalinya saya bisa mendapatkan dana, meminta 8 juta langsung, apakah meminta 80 juta, memberikan 8 juta.

      Sebenarnya saya minta 2 juta, oh saya minta 2 juta, dia memberi saya 8 juta, kenapa bisa seperti itu, ya bisa jadi seperti itu, karena. untuk VC, harganya adalah yang kedua, mereka menyukai idenya, bahkan memberi lebih banyak. karena idenya seperti ini, apakah namanya boleh saja, jika saya melihat pendapatan dan ebida, misalnya, saya membuat angka hanya untuk ilustrasi.

      Misalnya, jika saya melihat Anda, penilaiannya hanya sejuta, tapi tidak apa-apa, saya akan memberi Anda. 3 juta, aku memberimu 10 juta, dinilai lebih dari 10 kali, tapi bukankah itu penting untuk VC, kemungkinan besar tidak, kan mereka ingin menjadi Unicorn. apa pun artinya, saya membayar kemewahan 3 juta hari ini, dibandingkan dengan penilaian nanti yang bisa Anda raih misalnya 1 miliar dolar. mereka tidak pernah goyah begitu saja, bahkan ketika saya pergi ke Seqouia, ketika saya melempar. mereka, saya menggambarnya di papan tulis, OK Edward, sekali lagi saya hanya membuat angka, ya. Ok Edward, saya berikan ini, 2 juta untuk penilaian 6 juta. atau 3 juta untuk penilaian 7 juta. atau 4 juta valuasi 6 juta, Anda pilih sendiri.

      ya, begitulah, yeah yeah bingung, yeah, bingung juga, ya, ok, saya memilih salah satu dari opsi itu. Begitu ya, angkanya sayangnya saya tidak bisa bagikan, hanya saja sebagai contoh, yang penting VC adalah ide dan pertumbuhannya. mereka tidak benar-benar melihat angka kecil, bukan?.

      ok, sekarang waktu pitching bisa menjadi contoh, katakanlah, semua orang tahu Anda mendapat total 28 juta dolar, dari Alpha JWD dan Sequoia. Ya, saya langsung diberikan 28 juta, atau bagaimana cara kerjanya di dunia VC. jika Sequioa pasti memberikan Full, di depan, tetapi ada juga beberapa dana, terutama penyandang dana.

      cinta adalah bahwa itu memang dalam biaya trans, diberikan KPI setelah Anda mencapai KPI seperti ini. misalnya, sekali lagi saya membuat nomor saya sendiri, ok setelah Anda mencapai 100 toko, saya memberi Anda 1 juta.

      Saya memberi Anda 200 juta toko, mungkin seperti itu. dan mereka yang membiayai mereka, sehingga 28 juta, untuk pertumbuhan bisnis Anda. atau untuk Anda pribadi atau apa, bagaimana cara kerjanya. VC tidak pernah membeli saham,

      VC selalu berlangganan saham, jadi ada masalah saham baru. Jadi uang untuk perusahaan itu bukan untuk saya, jadi, tolong pikirkan, saya mendapat 28 juta kopi. Itu 28 juta, tidak ada yang masuk ke saku saya, semua untuk Perusahaan, ok ok ok kesalahpahaman, jadi ini bagus juga kita bicara hari ini.

      jadi saya bisa jelaskan begitu memenuhi versus kenyataan untuk Investasi VC, investasi Pertumbuhan. Benar, benar, saya tahu Anda terkenal karena mengatakan pengusaha, Jack dari semua perdagangan, Tapi Tuan uang. oo Anda tahu, ok, tentu saja, bagus, bagus, apa yang Anda rekomendasikan pengusaha lakukan,

      jika mereka seperti ini, ya, mereka ingin. OK, saya punya ide untuk menjual furnitur, kan? Hati saya ada di furnitur, tetapi yang menghasilkan uang bukan di bisnis furnitur. dia sudah mencoba furnitur bukan menghasilkan uang, dia harus gigih berdagang furnitur. dia harus mengirim usaha dan fokus pada uang. ok saya akan melakukan apa pun yang membuat saya uang.

      Kemudian, jika saya sudah kaya saya ingin membuka furnitur, apa pun, apa yang Anda rekomendasikan orang lakukan seperti itu. OK Pertama-tama, tujuan kutipan saya adalah Jack of all Trade, Master of money, sebenarnya bukan untuk industri. tetapi apa yang Anda lakukan sebagai CEO seperti itu, artinya, Anda sebagai CEO harus menjadi yang paling terkemuka di bidang keuangan,. apakah Anda harus pandai teknologi, atau mungkin SDM atau pemasaran, tidak, Anda tidak harus, yang paling penting adalah tahu cara mendapatkan uang. dan tahu cara mendapatkan penghasilan, yaitu, tetapi Anda tidak perlu yang terbaik dalam bidang akuntansi, SDM atau apa, karena Anda adalah dalang dari semua perdagangan, selama Anda mengerti.

      Anda tidak perlu yang paling ahli dari semua, ada saat Anda benar-benar mempekerjakan orang. karena perusahaan hanya sebagus orang-orang yang mereka pekerjakan, maka tugas Anda sebagai CEO adalah memahami segalanya, dan mempekerjakan seorang ahli untuk melakukan hal-hal penting dalam perusahaan. kemudian untuk kembali ke pertanyaan Anda, jika misalnya hasrat Anda dalam furnitur, maka setelah itu apa yang akan saya cari uang, setelah itu furnitur. pertanyaan pemikiran, mungkin lebih baik, mungkin furnitur bukan contoh yang baik, karena itu furnitur, karena itu sebenarnya adalah pasar yang besar.

      Misalnya, Anda suka tanaman kaktus, ya, kaktus adalah sesuatu yang sangat kecil, sangat, sangat. kembali ke visi hidup Anda, visi hidup Anda, Anda hanya ingin bahagia, yang penting adalah Anda punya cukup uang setiap hari. atau Anda ingin menjadi pengusaha besar, jika Anda ingin menjadi pengusaha besar, mungkin. Anda harus mendapatkan uang terlebih dahulu, dan membeli kaktus menggunakan uang Anda, tetapi jika visi Anda hanya untuk toko yang bagus.

      Menjual kaktus terbaik di dunia atau di Indonesia, mengapa tidak, membuat Anda bahagia, ya membuat Anda bahagia, semangat, apa yang Anda inginkan, gairah atau uang. Anda Mempekerjakan Berapa banyak orang sekarang, total, ada total 1.400. level toko maka di HQ kami ada 120 orang, HQ 120 orang. apakah Anda secara pribadi memilih mereka, tentu saja tidak, karena, apa, 1400 orang yang harus saya wawancarai. tidak bisa, jadi hanya BOD, paling-paling,.

      Jadi semua orang di level C, Level P, saya pasti Memilih Tangan, tetapi bahkan untuk manajer, tidak semuanya. beberapa dari saya memilihnya sendiri, tetapi di sini, apa yang disebut dalam organisasi di startup, Anda harus memberdayakan tim Anda sehingga mereka. Itu selalu bisa, apa, memiliki otonomi sendiri, benar, jadi itu sebabnya tidak semua dari saya memiliki Hand Pick. bagaimana Anda menarik Talent terbaik. Cara menarik Bakat terbaik, yang paling tidak menarik bakat menggunakan uang, itu sebenarnya satu,. hal terburuk yang dapat Anda lakukan, gunakan uang, karena pada akhirnya Anda menarik kutu, lompatan telepon,

      Anda tidak dapat menarik bakat yang benar-benar ada di dalamnya untuk. Visi, itu sebabnya hampir semua orang bergabung dengan kami, kami bergabung untuk opsi saham, sebenarnya hampir semuanya.

      Di atas Senior Manager, di perusahaan kami yang memiliki saham dalam kenangan kopi, sehingga mereka tumbuh. bukan karena gajinya besar, mereka pergi ke gua karena, mereka percaya pada perusahaan, mereka akan melakukannya. melakukan segalanya, kami akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa perusahaan dapat tumbuh seperti itu, dapat melakukan apa saja. nilai saham mereka, semakin lama naik, jadi itulah hal terpenting dalam menarik bakat. Lihatlah, apa visi Anda dan kemudian.

      Berikan sedikit kelebihan stok kepada karyawan Anda, tetapi mereka harus percaya pada visison terlebih dahulu, percaya bahwa kenangan kopi bisa. menjadi merek F&B terbesar di Asia Tenggara, jika mereka tidak memiliki visi, sulit, Anda hanya akan menarik kutu, biasanya. Pernahkah Anda dipecat? apakah itu berarti karena apa? biasanya karena. kesalahan, kesalahan dalam arti, bahkan opsi saham mereka ya, itu terjadi bahwa opsi saham saya tidak pernah dipecat. hanya jika misalnya saya dipecat karena Pelanggaran sering seperti curang, curang dalam arti misalnya. mencuri uang atau apa, atau bahkan mungkin, mendapatkan susu di toko, susu bisa. dijual lagi kan, itu sesuatu yang tentu saja harus secepatnya, ditindaklanjuti seperti itu. karena itu hanya akan menjadi kanker di perusahaan Anda,

      Anda memiliki satu di perusahaan yang pasti akan menyebar ke mana-mana. ah A juga mencuri susu, saya juga mencuri susu, itu adalah sesuatu yang harus Anda sembelih. dari awal, jadi kembali ke pitching, ya, membuat pitch deck harus sempurna atau tidak. atau hanya, cukup power point saja, kamu tidak harus sempurna sama sekali, sebenarnya menurut Sequoia yang penting adalah kejernihan pikiran.

      Anda jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan, jelas Anda ingin melakukannya, karena ada banyak orang, mereka membuat deck mereka benar. Mencoba mencoba terlalu banyak hype, akhirnya selesai, sebagian besar poin hilang, apa pijatan, di geladak Anda?.

      bisa di Google juga, Anda juga bisa Google misalnya dek pitch Airbnb atau dek facebook pitch. Facebook dan sebagainya semuanya ada di tengah. Anda dapat melihat dek awal mereka, sangat sederhana, hanya power point, dan power point tidak dirancang, hanya putih, hitam, tidak ada gambar. jadi tidak harus terlihat cantik, yang penting jernih pikirannya dan penelitiannya benar. TAM benar, Total Market Addressable benar.

      Bagaimana Anda membuka 160 toko dalam dua tahun, oke jadi setahun yang lalu. kami memiliki 8 toko hari ini, hari ini kami memiliki 160 toko dan membuka satu toko per hari, seperti belajar sambil bekerja, karena mengapa. ketika kami membuat toko pertama, butuh waktu yang sangat lama 3-4 bulan, tepat ketika kami membuka toko kedua sepertinya hanya 2 bulan. lebih lama, lebih pintar, lebih cepat, lebih cepat, hingga akhirnya menjadi templat, jadi cara membuka toko sudah di grade. Semua tim BD kami, oke maksud saya ketika saya membuat toko, saya tidak perlu merancang dokumen lagi, saya sudah membuat gaji, kontraktor dapat segera membuatnya. Jadi kami tumbuh bersama dengan semua pemegang saham, sehingga kami bisa menjadi lebih pintar setiap hari untuk membuka toko, jadi lebih cepat.

      Kami dapat tumbuh begitu cepat, karena kami diberdayakan, dari pemegang tumpukan kami, dari kontraktor hingga karyawan. Jadi semakin banyak Anda melakukan semakin baik dengan setiap Toko terbuka, pasti lebih efisien, lebih baik, lebih baik. itu semua formula untuk sukses, terus lakukan saja, dan tingkatkan setiap toko yang kamu buka ya, dan kembali ke poin pertamaku juga tidak harus sempurna dari awal. ketika Anda mendapatkan dana,

      Anda masih belajar, berusaha untuk menjadi lebih baik, karena VC yang baik memahami itu, dan ketika Anda pertama kali melempar itu mudah. meminta 2000000 untuk diberikan 8 juta ya, beruntung juga ya, bisa dibilang sedikit beruntung ya, tapi kemudian Anda lebih banyak mengirimkan ya, ya, kami lebih banyak mengirimkan, karena.

      KPI kami sebenarnya 100 toko pada Oktober tahun depan, kami sudah tiba di 100 toko 2-3 bulan lalu, jadi seperti apa kami. bukan karena janji, tetapi lebih dari memberikan, VC Salut bahwa, itu berarti Anda lebih berhasil Anda selalu mencoba untuk memberi lebih banyak. kepada perusahaan dan pemegang saham, jika VC terlibat dalam operasi sehari-hari, atau mereka menempatkan orang dalam Direksi untuk dijalankan. operasi harian, VC berbeda dari PE, jika PE mereka dikendalikan oleh perusahaan Anda,. mereka bahkan menyewa CEO eksternal, dalam beberapa kasus seperti itu, berbeda dari VC, jika VC yang mereka pegang, pendiri.

      Jadi itu sebabnya Anda memastikan bahwa, Anda menjalankan segalanya, Anda mencoba menumbuhkan ini. Saya tidak akan berada di luar CEO, karena itu seperti. karena sudah seperti kita bekerja, jika sudah meledak, ya, itu sangat besar. meledak Mungkin itu deferent Story, yeah, hanya jika Anda melihat AirBnB’s Founder, pendiri Facebook masih. sampai hari ini CEO, dan semuanya di bawah Sequoia, dan Sequoia selalu memegang sang Pendiri. mereka tidak pernah memegang perusahaan atau model bisnis.

      Ada Pemilik, Sang Pendiri, apa tantangannya selama 2 tahun terakhir, tentu saja tantangan terbesar. konsistensi produk, karena apa yang disebutnya, yang dapat melakukan hingga dua setengah juta cangkir per bulan. tidak banyak daerah di Indonesia, sekarang apa yang Anda lakukan, kami memiliki dua setengah juta gelas per bulan, dua setengah. juta per bulan dan itu sangat sulit, dari rantai pasokan, misalnya dari Muara ke hilir, kami cari. biji kopi, yang bisa mencapai tiga puluh ton lebih sebulan tidak banyak, jadi kami benar-benar berjuang. untuk apa itu disebut satu dari sumber, Sudah selesai.

      Manusia sedang mengerjakan kopi, kesalahan manusia pasti akan terjadi, jika misalnya seseorang mendatangi saya. oh, kenapa Kopi Kenangan tidak enak, saya sudah tahu, pasti ada sesuatu yang terjadi, jadi kami melakukannya.

      Cobalah membuatnya Bagaimana, jadi, cicipi Kopi Kenangan hari ini di Jakarta, hingga. besok Anda dapat minum di Singapura sama, konsistensi itulah yang kami cari. penanganannya adalah merekrut orang yang tepat dan Anda harus memiliki sistem, apakah ada mentor. dalam hidupmu yang membuatmu ingin seambisius ini Ada seseorang, aku ingin menjadi orang itu. mungkin tidak seperti itu tetapi lebih ke arah itu, jika mentor itu sebenarnya Dari VC. Sequoia sebenarnya telah menjadi mentor yang baik bagi saya, saya belajar banyak dari Seqouia, tetapi untuk model Peran, saya sangat menyukai Jeff Bezos dan Jack Ma.

      Jadi saya juga mencoba Startup secara langsung, karena keduanya adalah panutan saya, Jack Ma dari guru bahasa Inggris. pekerjaan di KFC ditolak, tetapi bisa sampai hari ini saya pikir untuk perusahaan seratus miliar dolar. itu luar biasa, itu sebabnya saya menginspirasi begitu banyak, bahwa Anda bisa menjadi siapa pun yang Anda inginkan. tidak peduli apa latar belakang Anda, selama Anda berada dalam bisnis yang tepat.

      itu benar, jika Jeff Bezos, apa yang menarik Anda, Jeff Bezos, dia Mendominasi, benar-benar mendominasi. segalanya dan dia selalu menyimpangkan untuk dirinya sendiri dia mulai, dia mulai dari menjual buku, evolusi menjadi evolusi E-Commerse kembali ke server. sebenarnya segala sesuatu yang dia selalu berusaha menjadi lebih baik dapat menjadi distrub. diri sendiri, jika Anda tidak mengganggu diri sendiri, orang lain akan melakukannya, jadi itu sebabnya saya. Terinspirasi oleh pendiri Jeff Bezos, yang dapat Pivot ke berbagai bisnis dan siap melakukannya. Kehilangan 10 tahun hingga akhirnya menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. itu benar,

      Anda memiliki kutipan favorit, Anda ingin berbagi dengan pemirsa kami, paling oke dalam bisnis apa pun. yang penting adalah pelanggan pertama, Karyawan kedua dan Investor Ketiga, itu sangat penting dalam bisnis, karena itu. Pelanggan adalah orang yang membayar untuk produk Anda, Anda harus memastikan mereka senang dengan produk Anda, karyawan adalah orang yang memastikan bahwa produk. dikirimkan kepada pelanggan itu baik dan benar,

      jika kita melakukan keduanya dengan baik. dan benar, investor akan datang secara otomatis, karena itu berarti kami memiliki Cuan, ada pendapatan seperti itu, dari para karyawan. dan juga dari produk kami. Wow, ini benar-benar bagus, Pelanggan, Karyawan, Investor, jangan campur aduk, kan, jika Anda pergi ke IPO biasa, investor, kan?. ya, saya harus bertanggung jawab untuk pemegang saham saya, harus mendongkrak jumlahnya, tetapi dalam bisnis yang berkelanjutan. begitulah urutannya, 1 2 3 yeah, ow itu sangat bagus, buku favorit Anda, sepanjang masa, ok. Zero to one itu bagus,

      bagaimana alibaba mengambil dunia juga sangat bagus, sama, apa lagi, oke. Sapi juga baik, baik, tetapi saya sering melakukannya. membaca setiap hari sebenarnya, surat kabar, dan surat kabar yang saya baca tidak hanya keluar dari Indonesia tetapi dari. di luar negeri juga, karena menurut saya Anda ingin membangun sesuatu yang visioner di Indonesia.

      Anda tidak dapat membatasi pengetahuan Anda dengan pengetahuan lokal, Anda harus memiliki Kebijaksanaan Internasional juga. jadi itu sebabnya saya memiliki segalanya, semua yang saya berlangganan adalah Nikey Bloomberg the cam Diambil Asia 3. semua saya berlangganan, saya membayar semuanya, karena saya ingin itu menjadi ilmu yang tidak ada. harganya seperti itu, untuk membaca Apa yang sedang terjadi di dunia, adalah bahwa salah satu dari negara adikuasa dan rahasia kesuksesan, Anda mengkonsumsi diri Anda dengan informasi yang benar. Ya Tentu saja, pengetahuan, untuk membuat keputusan yang tepat, itu seperti prasmanan warren ya, dia menghabiskan sebagian besar waktunya hanya membaca, 8 jam sehari, hal yang sama dengan Bill Gates juga benar. mereka Pembaca, ya baca baca baca sangat penting, ada Kebiasaan Sukses yang Anda gunakan selain membaca,

      Mungkin salah satu kebiasaan saya. Saya mencoba untuk 8 dalam 6, jadi saya bekerja dari jam delapan pagi sampai jam 8 malam, Jangan Bekerja sampai terlambat, karena apa.

      Saya bekerja larut malam juga, Anda tidak bisa berpikir dengan benar dan benar, jadi Eight Eight, Six adalah satu. 6 hari dalam The Week, akhir pekan saya juga berusaha bekerja, jadi apa nama totalitas untuk menjadi Unicorn. Weh Incredible,

      Okay Jadi ada Tips Sukses lain yang bisa Anda berikan kepada orang lain. paling baik itu, saya pikir kita membahas hampir semuanya, dari Kebiasaan, dari cara mendapatkan pengetahuan Anda, jadi. kepala sekolah yang tepat di perusahaan, saya pikir cukup banyak kita semua membahas semuanya, ya, pembicaraan yang sangat bagus. Jadi itulah penutup acara kami, jadi Terima kasih banyak atas pengetahuannya, sudah berbagi juga, saya yakin itu juga sangat berguna. untuk teman-teman yang baru saja melihat wawancara saya dengan Pak Edward Tirtanata, jika. pertanyaan apa pun dapat dikomentari di bawah ini

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      You May Also Like
      Read More

      Start Up GIPHY

      Graphics Interchange Format atau GIF sudah menjadi tren terbaru untuk membantu para pengguna internet mengekspresikan perasaan. Memfasilitasi perkembangan…