Kreativitas Mural Bandung

Kreativitas masyarakat Bandung memang tak pernah ada habisnya, hal ini terbuktikan dengan aktivitas para pemuda di sekitar Gang H. Kodir, Cimindi, Cibeureum, Kota Cimahi. Belakangan ini mereka telah menyulap dinding gang tersebut menjadi sebuah figura unik dengan berbagai macam lukisan.

Ide tersebut datang dari komunitas Agnerx Street Art, untuk membuat area gang lebih sedap di pandang mata. Konsep yang mereka gunakan adalah mural 3D dengan paduan warna-warna mencolok. Berbagai lukisan hewan seperti elang, ular, gurita, lukisan panorama luar angkasa, sampai tokoh superhero Hulk adalah objek yang mereka gunakan. Total terdapat 6 dinding yang mereka lukis.

Sejumlah pejalan kaki yang melintas mengaku terkesan dengan karya yang mereka ciptakan, bahkan beberapa orang menyempatkan diri untuk berfoto di area gang. Respon yang sama juga datang dari penduduk sekitar Gang H. Kodir, mereka mengapresiasi inisiatif para pemuda dari komunitas Agnerx Street Art untuk mempercantik lingkungan mereka.

Sebagai informasi, mural merupakan teknik menggambar di atas permukaan yang sifatnya permanen, seperti dinding, permukaan beton lantai dan sejenisnya. Jika dipadukan dengan lukisan 3D, gambar yang dihasilkan akan tampak seperti nyata. Maka proses pembuatan lukisan mural 3D ini memang terbilang lumayan rumit.

Mural sendiri tidaklah sama seperti lukisan dinding seperti graffiti, karena lukisan mural lebih bebas dan tidak ada ketentuan khusus dalam menentukan objek lukisannya, sedangkan graffiti biasanya berupa coretan-coretan aksara yang isinya merupakan pesan-pesan tertentu.

Di kota Bandung sendiri terdapat cukup banyak karya-karya mural yang bisa kita temukan di area publik, seperti di sekitar Jalan Siliwangi contohnya, siapapun yang pernah melintas di sekitar Jalan Siliwangi pasti pernah melihat lukisan mural di sepanjang dinding jalan tersebut. Lukisan mural itu merupakan karya mahasiswa seni rupa ITB.

baca juga

    Selain Agnerx Street Art, di kota Bandung juga terdapat komunitas seniman mural lainnya, seperti Komunitas Mural Bandung, yang didirikan oleh Ikatan Alumni ITB Jawa Barat pada tahun 2016 lalu. Mereka adalah salah satu komunitas mural yang paling aktif di Bandung, dan sempat terlibat langsung dalam melukis dinding Jalan Siliwangi. Semua aktivitas mural ini sudah sepatutnya mendapat perhatian dari pemerintah setempat, kreativitas para pemuda tidak akan berarti jika tidak mendapat apresiasi, terutama untuk bakat-bakat mural yang kini sudah mulai langka.

    Leave a Reply

    5 × 2 =

    Open chat
    silahkan chat kami disini
    Silahkan Chat Untuk
    Pemasangan Iklan Dan
    Order Jasa Digital Marketing
    Powered by