Kursus Public Speaking

Untuk menjadi public speaker tentu tidaklah mudah, untuk itu diperlukan tips dan trik yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk menjadi ahli dibidang ini. Beberapa tips berikut ini bisa dijadikan sebagai panutan jika ingin menjadi seorang publik speaker yang baik.

Belajar Public Speaking

Segala sesuatu harus dimulai dengan belajar, namun tingkat belajar seseorang untuk menggapai apa yang dia inginkan tentu berbeda-beda.

Begitu juga jika ingin menjadi publik speaker yang baik, hal yang pertama kali dilakukan adalah belajar.

Belajar bagaimana berbicara di depan khalayak umum, belajar bagaimana caranya supaya saat berbicara tidak kaku serta belajar meminimalisir kesalahan.

Semakin giat belajar dan berlatih maka keinginan untuk menjadi seorang public speaker yang baik pun akan segera terwujud.

Tahapan belajar dalam public speaking pun berbeda beda, namun ada baiknya  menguasai hal-hal dasar tersebih dahulu.

Dibawah ini terdapat beberapa hal yang dijadikan sebagai dasar-dasar dalam melakukan public speaking, dilatih dari kursus public speaking lister co id

  • Teknik pembukaan public speaking

Hal yang pertama kali perlu dipelajari dalam public speaking adalah bagaimana cara membuka acara public speaking tersebut.

Pada umumnya acara pembukaan public speaking akan mempengaruhi kualitas acarannya hingga akhir acara.

Jika acara pembukaannya baik, maka bisa dipastikan seluruh acara tersebut akan baik sampai akhir.

Sebaliknya, jika pembukaan acara tersebut buruk, maka kemungkinan besar hingga akhir  acara tersebut akan terkesan buruk.

  • Penyampaian dan penguasaan materi

Hal kedua yang harus dipelajari adalah bagaimana caranya menyampaikan dan menguasai materi.

Jangan sampai seorang public speaker lupa terhadap materi yang dia bawakan karena hal ini bisa merusak citra pemateri itu sendiri.

Untuk meminimlisir kesalahan, ketika menyampaikan materi bisa menggunakan catatan kecil yang berisi poin-poin penting dalam acara tersebut.

  • Penutupan

Hal terakhir yang dipelajari dalam dasar public speaking adalah bagaimana caranya menutup acara tersebut, karena acara penutupan sekalipun tidak dapat dilakukan secara spontanitas dan mempunyai tehnik tersendiri.

 Menjaga penampilan

Penampilan adalah hal yang paling pertama kali diperhatikan oleh para audiens ketika seorang public speaker memasuki ruangan acara.

Penampilan yang baik biasanya akan menambah daya tarik para audience dalam menyimak dan mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan oleh public speaker.

Untuk itu diwajibkan kepada public speaker untuk selalu menjaga penampilannya agar terlihat tetap menarik dan meyakinkan.

Penampilan yang menarik tidak diukur dari seberapa mahal outfit yang digunakan, akan tetapi bagaimana public speaker tersebut menyesuaikan nya dengan kondisinya.

Penampilan juga bisa dijadikan sebagai ciri khas public speaker yang membawakan acara tersebut.

Menyapa audiens dan berinterksi dengan audiens

Cara menjadi seorang publik speaker yang baik selanjutnya adalah dengan melakukan interaksi dengan audiensnya.

Cara yang pertama kali dilakukan dalam melakukan interaksi dengan audiens adalah dengan menyapa audiens terlebih dahulu.

Perlu diketahui, cara seperti ini bisa membuat kedekatan emosional antara audiens dengan public speaker selama acara berlangsung.

Ada baiknya seorang public speaker tidak menciptakan jarak diantara mereka, karena hal tersebut bisa membuat pesan-pesan yang disampaikan akan susah dipahami oleh para audiens.

Selain kedua hal diatsa, ada beberapa cara lagi yang digunakan untuk berinteraksi dengan audiens, yaitu dengan berdiskusi ketika memasuki akhir acara ataupun melakukan icebreaking untuk mengurangi ketegangan dalam acara tersebut.

Fokus pada materi yang disampaikan

Sebagai seorang public speaker yang baik, diwajibkan untuk fokus pada materi yang disampaikan dan jangan berpindah atau melompat dari satu materi ke materi lainnya.

Untuk bisa fokus pada suatu materi, pilihlah satu topik yang anda sukai dan anda tidak akan kelelahan atau kehabisan bahan dalam menyampaikan materi tersebut.

Seringkali seorang public speaker kehabisan materi yang disampikan karena pada dasarnya dia kurang menyukai atau kurang menguasai topik yang dia bawakan.

tidak menguasai suatu topik juga bisa membuat para audiens kurang memahami apa yang disampaikan oleh public speaker tersebut.

Gestur tubuh dan ekpresi wajah

Dalam menyampaikan pesan-pesan kepada orang banyak, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah gestur tubuh dan ekspresi wajah.

Gestur tubuh digunakan untuk penekanan poin-poin penting yang sedang disampaikan,

Kesesuaian antara poin-poin penting yang disampaikan dan didukung dengan  gestur tubuh yang mendukung akan membuat poin-poin tersebut dapat diterima baik oleh para audiens.

Namun, jika penyampaian informasi tidak didampingi dengan gestur tubuh yang mendukung, maka hal ini akan membuat para audiens kurang menangkap apa yang sedang disampaikan.

Selain gestur tubuh, ekspresi wajah juga harus digunakan dalam menyampaikan pesan-pesan atau informasi kepada khalayak umum.

Ekspresi wajah sering kali muncul tanpa kita sadari, untuk itu ekpresi wajah sangat perlu diatur atau diperhatikan dalam public speaking.

Menyisipkan humor

Tidak bisa dipungkiri, humor merupakan salah satu kebutuhan dalam melakukan public speaking.

Humor bisa membantu mencairkan suasana yang tegang.

Namun perlu diketahui hmor yang dimaksudkan adalah homor yang berkaitan dengan tema atau topik yang sedang dibawakan.

Untuk itu penyampaian materi humor juga termasuk kedalam wawasan public speaker tersebut.

Inspiratif

Karena tujuan awal public speaking adalah memberikan informasi atau memberikan motivasi kepada orang lain, maka informasi yang disampaikan harus mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan informasi pada umunya.

Itulah sebabnya dalam dalam melakukan public speaking, seorang public speaking harus mampu menginspirasi audiensnya.

Menginspirasi bisa saja membrikan kisah-kisah inspiratif kepada para audiens, namun perlu diingatkan kembali  Porsi dalam memberikan kisah-kisah inspiratif tentu juga perlu di perhatikan, supaya tidak terlalu banyak dalam  acara public speaking tersebut.

Selain memberikan kisah-kisah inspiratif, seorang public speaker juga bisa memberikan solusi dari masalah yang berkaitan dengan tema atau topik yang sedang disampaikan.

Ciri khas

Ciri khas merupakan hal penting dan banyak dilupakan orang-orang yang ingin menjadi public speaker yang baik.

Ciri khas akan membedakan antara public speaker yang satu dengan yang lainnya serta ciri khas inilah yang menjadi daya tarik orang lain untuk mengundang public speaker tersebut.

Oleh sebab itu, seorang public speaker perlu mempunyai ciri khas tersendiri dan ciri khas yang dimaksudkan adalah ciri khas positif.

Time management

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan supaya menjadi public speaker yang baik adalah management waktu.

Point ini sering kali dilupakan oleh para public speker, dan tidak jarang dalam sebuah acara management waktu nya diluar dari yang seharusnya.

Contoh management waktu yang baik adalah dengan mengatur waktu seberapa lama pembukaan acara, berapa lama menyampaiakn isi materi dan juga penutup.

Akan tetapi fakta di lapangam sering kali berbeda, seperti acara yang harusnya dimulai sejak pukul sembilan malah jadi pukul sepuluh, MC yang selalu terlambat, pemateri yang terlalu lama menyampaikan kata sambutan dan juga terlalu lama menyampaikan isi materi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Ra Cha cha Thai Tea

https://www.jkietee.com – Thai Tea merupakan bisnis yang sedang booming belakangan ini di Indonesia,  Tak heran jika banyak pemaln…
Read More

Innisfree

https://www.jkietee.com – Kecantikan, Kaum wanita zaman sekarang sangat memperhatikan kecantikan fisik mereka. Menjadi wanita cantik seakan sebuah tuntutan…