Lister.co.id, Pentingnya Kursus Bahasa Arab

ICR Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim bahkan menjadi yang tebesar di dunia. Sekitar 229 juta penduduk Muslim berada di Indonesia. Jumlah ini meruapakan 87,2% dari populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 263 juta jiwa. Atau sekitar 13% dari populasi Muslim dunia.

Tidak hanya dalam hal kuantitas, penduduk Muslim di Indonesia juga memiliki banyak corak keberagaman dengan berbagai Mazhab dan Ideologi yang berbeda. Bahkan di sisi tertentu juga memiliki pengaruh yang sangat kuat di berbagai negara Islam di seluruh dunia.

Negara-negara mayoritas muslim lain seperti Afghanistan, Pakistan, Iran, Arab Saudi dan banyak lagi di Afrika, Timur Tengah, dan Asia, memiliki hubungan baik satu sama lain dan saling terkoneksi, tidak terkecuali dengan Islam Indonesia.

Banyak misi ideologis dan juga kemanusiaan yang diemban bersama dalam mengentaskan berbagai permasalahan dunia melalui berbagai macam organisasi islam dunia seperti Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Terutama berkaitan dengan konflik bersenjata, toleransi antar agama, radikalisme dan terorisme serta yang tak kalah penting adalah berkaitan dengan perlawanan terhadap penajajahan yang masih dialami oleh beberapa negara yang memiliki penduduk mayoritas Muslim.

Artinya kiprah ideologis dan kemanusiaan bagi para muslim di belahan dunia manapun, tidak terkecuali di indonesia memiliki posisi yang sangat penting dan sudah seharusnya dijalankan.

Manfaat Belajar Bahasa Arab Secara Ideologis

Kiprah ideologis dalam konteks pembelaan atas nama kemanusiaan di seluruh dunia melalui organisasi-organisasi islam tentu harus didukung dengan kecakapan-kecakapan diplomasi dan komunikasi setiap Muslim yang sudah seharusnya berkiprah di ranah tersebut.

Bahkan dalam konteks terkecil tugas dan kewajiban menyampaikan kebenaran islam atas nama kemanusiaan juga perlu mempertimbangkan keahlian di atas.

Komunikasi dalam hal ini tidak hanya berkaitan dengan unsur retorik yang mampu menggerakkan massa dalam melakukan gerakan tertentu. Namun juga dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang mampu melegitimasi gerakan tersebut agar sesuai dengan rel yang semestinya.

Sebagai agama yang diturunkan dengan berbahasa arab, tentu rel yang dibangun dalam rangka menjadi pedoman kehidupan umat islam juga diturunkan dan ditulis dengan bahasa arab.

Al-Qur’an sebagai kitab suci, dan Hadits yang merangkum pesan-pesan kenabian Muhammad juga ditulis dengan bahasa arab, sehingga penguasaan bahasa arab yang matang adalah kewajiban bagi setiap muslim sebelum memutuskan untuk mengambil jalur dakwah dan berkiprah secara ideologis ke ranah publik.

Ketidakmampuan dalam penguasaan Bahasa Arab, sebagai “Bahasa Agama” tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pemahaman keislaman seseorang.

Dan kualitas pemahaman keislaman ini juga akan berpengaruh terhadap output gerakan ataupun kualitas penyampaian pesan keagamaan seseorang.

Padahal hal ini sangat berbahaya terutama ketika terjadi kesalahan dalam memahami ayat atau hadits. Tujuan yang seharusnya untuk meredam konflik dan menciptakan kedamaian, tetapi malah membuahkan hasil sebaliknya yaitu konflik bahkan terorisme.

Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap apa yang kita sampaikan kepada masyarakan dalam menyampaikan kebenaran, tentu kita harus mulai belajar memahami bahasa arab.

Jangan sampai kita mengklaim telah menggunakan ayat al-qur’an dan juga hadits tetapi sebenarnya kita hanya membaca terjemahannya saja tanpa mengetahui makna sebenarnya yang terkandung dalam ayat atu hadits tersebut.

Bahasa arab artinya menjadi bekal penting bagi para pendakwah dalam upayanya untuk menyampaikan sebuah pesan kedamaian.

Selain itu belajar bahasa arab juga akan mendapatkan banyak menfaat. Selain dapat menjadi solving problem dari berbagai permasalahan di atas.

Berbagai manfaatnya yaitu pertama, komunikasi lintas negara. Hal ini sangat dimunkinkan karena saat ini bahasa arab menjadi bahasa resmi dari 25 negara di seluruh dunia.Di antaranya adalah Arab Saudi, Qatar, Oman, Uni Emirat Arab, dan lain-lain.

Tentu hal ini juga memungkinkan kita memiliki kesempatan yang sangat luas untuk dapat kuliah dan bekerja ke negara-negara tersebut. Terlebih universitas di Timur Tengah sangat terkenal akan kualitasnya yang telah melahirkan lulusan cerdas namun juga tetap berakhlak dan berbudaya.

Kedua, mempermudah dalam memahami ajaran Agama Islam. Seperti yang sudah diulas di atas bahwa Bahasa Arab dan Agama Islam memiliki hubungan yang sangat erat.

Semakin memahami Bahasa Ini kita akan semakin mudah memahami ajaran-ajaran Agama Islam. Kita juga akan lebih mudah dalam menyebarkan ilmu melalui dakwah ke masyarakat. Memahami Bahasa Arab berarti memperlancar diri kita dalam membahas ayat-ayat Al-Quran.

Ketiga, mempermudah belajar dari sumber-sumber utama berbahasa arab. Banyak intelektual dan ulama kita terdahulu yang menuliskan karyanya melalui Bahasa Arab. Sehingga akan sangat bermanfaat ketika kita memahami dengan baik Bahasa ini.

Kita dapat mudah memahami kandungan makna dari karya-karya tersebut tanpa harus membaca dari terjemahan karya tersebut yang terkadang sangat jauh berbeda dengan aslinya.

Sehingga sangat sayang jika kita memahami karya-karya fenomenal ulama-ulama kita hanya dari buku-buku terjemahan atau bahkan buku-buku yang hanya sedikit mengulas karya-karya mereka

Belajar Bahasa Arab di Lister.co.id

Saat ini kursus Bahasa Arab bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan dari umur berapapun. Kita tidak perlu merasa terlambat dalam belajar Bahasa Arab, terutama sebagai seorang Muslim yang hampir tidak mungkin dipisahkan dengan Bahasa ini.

Banyak platform digital saat ini yang tersedia untuk menunjang kita dalam belajar Bahasa Arab. Sehingga kedepan kita tidak hanya membaca Al-Quran saja, ataupun berdoa dengan Bahasa Arab saja namun juga tau makna dan arti sebenarnya dari apa yang kita baca tersebut.

Salah satu platform digital yang terpercaya dalam memfasilitasi belajar mengajar Bahasa Arab adalah Lister.co.id.

Lister telah mengembangkan metode pembalajaran Bahasa Arab yang efektif dan efisien dan dapat mudah dimengerti oleh berbagai kalangan.

Lister juga menyediakan kurikulum belajar sesuai dengan tujuan atau kebutuhan kita, terutama dalam konteks akademis, ekonomis, profesional dan juga kebutuhan religius serta ideologis.

Kita juga akan dipandu oleh mentor-mentor berkualitas yang sudah tersertifikasi dan memiliki track record penguasaan bahasa arab yang tidak diragukan lagi.

Sehingga kita tidak perlu takut waktu kita terbuang percuma. Sudah meluangkan waktu belajar Bahasa Arab namun tidak menghasilkan apapun.

Pembelajaran ini juga akan diberikan atau disesuaikan dengan grade pemahaman bahasa arab sebelumnya. Tidak akan dipukul rata harus belajar semuanya daribasic. Hal ini sebagai langkah Lister untuk membuat pembelajaran lebih efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan kita.

Ketika kebutuhan kita adalah untuk keperluan religius dan ideologis maka pembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

Lebih lengkap terkait platform ini dapat langsung kunjungi website Lister.co.id, tentunya akan sangat menarik dan tidak akan kecewa jika kita belajar Bahasa Arab dari platform ini. Jangan ketinggalan, karena kuota sangat terbatas. Langsung saja daftar diri dengan mengisi form yang telah disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Little Gardenia

Sebagai negara dengan kekayaan macam alam serta hayati yang begitu berlimpah, Indonesia mempunyai potensi yang begitu tidak kecil…