“Mengenal SAT, Syarat Daftar Kuliah di Amerika”

https://jkietee.com/ SAT adalah singkatan dari Scholastic Aptitude Test atau Scholastic Assessment Test, dan merupakan bentuk ujian terstandarisasi yang digunakan untuk mendaftar kuliah di Universitas di Amerika. SAT diselenggarakan oleh sebuah lembaga privat non-profit bernama College Board. Keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ujian SAT adalah sekitar 3 jam, dengan tambahan 50 menit untuk esai (opsional). Skor total yang dapat diperoleh adalah antara 400 sampai 1600, yang merupakan hasil kombinasi dari 2 bagian tes, Matematika dan Critical Reading and Writing (Membaca kritis dan Menulis). Setiap bagian tes memiliki rentang nilai 200 – 800. Dimulai pada tahun ajaran 2015/2016, College Board bekerja sama dengan Khan Academy untuk menyediakan program persiapan SAT gratis.

Ujian SAT berisi soal-soal pilihan ganda dan dikerjakan dalam bentuk PBT (Paper Based Test). Tujuannya adalah untuk mengukur kesiapan murid-murid SMA masuk kuliah. Para siswa SMA di Amerika biasanya mengambil ujian SAT pada saat musim semi atau musim gugur. Sangat penting untuk memberi jarak waktu sebelum masa pendaftaran kuliah sebagai antisipasi jika skor akhir yang didapatkan masih kurang. Di Amerika SAT biasanya diadakan 7 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Agustus, Oktober, November, Desember, Maret, Mei, dan Juni. Sedangkan untuk siswa internasional di luar Amerika, SAT diadakan 4 kali setahun, yaitu di bulan Oktober, Desember, Maret, dan Mei. Bagi yang berminat untuk mendaftar, harus melakukan registrasi online di website resmi College Board paling lambat 3 minggu sebelum waktu tes.

  • Reading Test (Ujian Membaca)

Reading test untuk SAT terdiri dari 52 soal, dengan waktu mengerjakan 65 menit. Semua soalnya dalam bentuk pilihan ganda dan berdasarkan pada teks yang diberikan. Teks mungkin saja mengandung tabel atau grafik, tapi tidak diperlukan kemampuan matematika untuk mengerjakannya.

Total akan ada 5 teks dengan 10-11 pertanyaan tiap teksnya. Teks yang diberikan biasanya terdiri dari 1 teks tentang literatur dari Amerika atau dunia, 1 teks tentang dokumen penemuan Amerika, 1 teks tentang ekonomi, psikologi, sosiologi, atau ilmu sosial lain, dan 2 teks tentang sains.

  • Writing Test (Ujian Menulis)

Writing test untuk SAT terdiri dari 44 soal pilihan ganda dengan waktu mengerjakan 35 menit. Peserta akan diberikan teks dan diharuskan untuk memperbaiki bagian yang digarisbawah. Teks yang diberikan beragam, mulai dari teks argumen hingga teks naratif non-fiksi seputar berbagai topik. Kemampuan yang akan dievaluasi diantaranya, pemilihan kata, kejelasan pendapat, analisis topik, perubahan kata atau kalimat untuk meningkatkan kualitas tulisan, dan perbaikan struktur kalimat, penggunaan kata, dan tanda baca.

  • Matematika

Untuk bagian matematika pada SAT ada dua jenis soal, yang menggunakan kalkulator dan yang tidak. Soal tanpa kalkulator ada 15 soal pilihan ganda dan 5 soal isian, waktu mengerjakannya 25 menit. Sedangkan soal dengan kalkulator ada 30 soal pilihan ganda dan 8 soal isian dengan waktu mengerjakan 55 menit. Semua jenis aplikasi kalkulator di handphone dan laptop, kalkulator dengan keyboard qwerty, dan kalkulator yang dapat mengakses internet dilarang untuk digunakan.

baca juga

Ada tiga kategori soal yang diujikan, aljabar, pemecahan masalah dan analisis data, dan matematika lanjutan. Soal aljabar mencakup persamaan linear dan fungsi linear. Pemecahan masalah dan analisis data mencakup statistika, pemodelan, dan kemampuan memecahkan masalah. Matematika lanjutan mencakup persamaan non-linear, eksponensial, dan topik lain yang mendasari matematika lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Samsung Vs Oppo

Samsung marketing akan sia-sia jika produk asal-asalan https://www.jkietee.com – berdasarkan survei menjelang akhir tahun lalu Samsung punya pangsa…