Menulis Bahasa Inggris Bisnis

Dalam dunia bisnis komunikasi secara tertulis adalah satu hal yang penting.

Mungkin selama ini Anda sudah terbiasa membuat proposal penawaran, email untuk klien, memo atau surat lainnya tetapi bisa saja selama ini anda kurang efektif dalam menuliskannya.

Untuk bisa menulis dokumen atau email secara efektif tentunya Anda harus memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris bisnis di kursus bahasa inggris bisnis lister.co.id yang terbukti baik.

Tidak hanya soal bahasa Inggris saja, dalam bahasa Inggris bisnis ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam penulisan.

Jika Anda merasa selama ini tulisan Anda kurang efektif maka Anda bisa meningkatkan kemampuan tersebut dengan menggunakan cara berikut ini!

Berpikir sebelum menulis

Dalam menulis sesuatu untuk perusahaan atau tempat bekerja tentunya Anda harus nulisnya dengan format yang benar dan informasi yang efektif serta akurat.

Jadi sebelum Anda menggunakan pena atau menulis atau keyboard Anda mesti memikirkan apa yang akan Anda tulis dengan baik.

Biasanya kesalahan menulis sering terjadi apabila seseorang menulis tanpa memikirkannya terlebih dahulu atau tergesa-gesa.

Dengan begitu mereka hanya akan berpikir selagi menulis dan hal ini akan membuat tulisan tidak begitu terstruktur dan repetitif. anda dapat memperlajari hal ini di kursus bahasa inggris lister.co.id

Lantas apa yang harus sebenarnya anda pikirkan sebelum menulis?

Sebelum menulis Anda bisa memikirkan apa yang orang lain baik rekan atau pelanggan dapat ketahui dari email ataupun proposal yang akan anda kirimkan.

Jika Anda masih belum bisa menjawab hal tersebut dengan baik maka anda harus memikirkannya kembali sebelum menulis.

Gunakan waktu untuk berpikir sejenak dan tidak usah terburu-buru dalam menulis.

Dengan demikian Anda bisa menulis dengan struktur format yang benar dan efektif.

 

Langsung pada intinya

Pastikan Anda menulis email, proposal, surat perjanjian atau dokumen lainnya secara langsung dan efektif.

Banyak pekerja atau pelaku bisnis yang seringkali tidak mahir menulis dalam bahasa Inggris bisnis karena hal tersebut berbeda dari bahasa Inggris pada umumnya dan biasanya tidak diajarkan di sekolah.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis maupun pekerja saat menulis adalah dengan meletakkan inti pada bagian tengah surat maupun email.

Dengan kata lain, kebanyakan dari mereka menunda untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari email maupun proposal tersebut.

Sebaiknya, ide atau informasi yang akan Anda berikan diletakkan pada awal sehingga pembaca dapat mengetahui dengan jelas apa yang akan mereka baca atau dapatkan kemudian.

Pembaca tentu akan lebih mudah memahami tulisan dan dapat menghemat waktu.

Bryan Garner, penulis buku The HBR Guide to Better Business Writing, menyebutkan bahwa Anda harus menuliskan maksud dan solusi yang akan anda berikan tidak lebih dari 150 kata pada awal pembuka proposal atau memo yang panjang.

Jika bagian awal dirasa tidak bagus maka pembaca biasanya tidak akan tertarik dan tidak akan membaca sampai akhir.

Oleh sebab itu pastikan anda menulis bagian pembuka dengan baik dan informatif.

Menghemat kata

Penulisan dalam bahasa Inggris bisnis memang haruslah informatif, singkat jelas, dan padat.

Dengan begitu pembaca dapat mengetahui inti dan masalah serta solusi yang di ajukan dari email maupun proposal yang Anda kirimkan.

Jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata, misal jika anda bisa menggunakan satu kata mengapa anda harus menggunakan tiga kata sekaligus.

Intinya, Anda harus dapat memilih kata-kata yang lebih efektif dan tidak bertele-tele.

Setelah Anda menulis maka anda perlu membaca kembali tulisan tersebut dan jika menemukan kata-kata ataupun kalimat yang tidak mendukung maupun bertele-tele sebaiknya Anda tidak menggunakannya.

Misalnya jika Anda menuliskan  “general consensus of opinion” tentu akan lebih efektif jika Anda hanya menuliskan consensus saja.

Pilih satu kata yang dapat bermakna luas sehingga Anda bisa lebih menghemat kata dan membuat email maupun proposal lebih efektif dan tidak terlalu panjang.

Anda juga bisa menggunakan construction saat menulis misalnya dengan mengganti do not menjadi don’t, atau we’re sebagai pengganti we are.

Anda juga bisa menghemat kata dengan menghilangkan to be dan menggantinya dengan kata kerja yang lebih menonjol.

Intinya, Anda perlu memperhatikan berbagai hal dalam menulis bahasa Inggris bisnis karena hal tersebut tidaklah sama dengan menulis menggunakan bahasa Inggris pada umumnya.

Baca kembali setelah menulis

Agar Anda bisa memastikan bahwa tulisan anda sudah benar maka anda bisa membacanya kembali setelah menulis.

Dengan lakukan hal ini Anda dapat meletakkan diri Anda pada posisi yang sama dengan pembaca.

Anda bisa mengetahui dan mengamati apakah kata-kata atau kalimat yang Anda tulis sudah tepat dan dan menggunakan struktur yang baik.

Dalam bukunya, Bryan Garner juga berpendapat bahwa sebaiknya Anda membaca hasil tulisan Anda dengan keras sehingga rekan Anda juga bisa mendengarnya.

Mintalah bantuan rekan kerja anda untuk mengoreksi apakah tulisan tersebut sudah benar atau informatif.

Tak mengapa jika Anda meminta bantuan teman kerja untuk mengoreksi hasil tulisan anda karena hal tersebut akan sangat membantu meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris bisnis Anda.

Anda akan tahu bagian mana yang terlalu bertele-tele dan tidak efektif sehingga Anda bisa menghapusnya dan menggunakan kalimat yang lebih simple.

Perlu Anda ketahui bahwa jika teman membenarkan atau mengedit surat maupun dokumen yang Anda buat maka itu adalah suatu bentuk kepedulian dan bukanlah suatu hal yang memalukan.

Berlatih setiap hari

Kara Blackburn, pengajar senior Manajemen Komunikasi dari MIT Sloan School of Management, menyebutkan bahwa menulis adalah suatu keahlian dan keahlian dapat diasah dengan cara berlatih.

Untuk dapat menulis dengan baik dan benar Anda perlu membaca banyak contoh email atau proposal maupun dokumen bisnis lainnya setiap hari.

Dengan begitu Anda akan mendapat lebih banyak referensi dan gambaran tentang penulisan bahasa Inggris bisnis yang tepat.

Mungkin Anda bisa memulainya dengan membaca artikel dari The Wall Street Journal atau situs bisnis lainnya.

Selanjutnya, Anda bisa berlatih menulis setiap hari dan mengoreksinya setelah selesai menulis.

Dengan melakukan hal tersebut secara rutin maka Anda dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris bisnis dengan lebih baik.

Jika belum juga berhasil maka yakinlah bahwa dengan berjalannya waktu Anda akan dapat menguasai keahlian tersebut dan dapat menulis secara efektif.

Terus berlatih dan bersabar adalah salah satu kunci sukses menulis dalam bahasa Inggris bisnis.

Ingat prinsip penting dalam menulis

Beberapa kriteria penulisan bahasa Inggris bisnis yang benar sudah disebutkan sebelumnya dan jika anda ingin berhasil Anda harus mengingat prinsip penting.

Prinsipnya adalah Anda harus menulis dengan cara yang sesuai dan memperhatikan kalimat yang digunakan.

Rencanakan apa yang akan Anda tulis sehingga hasil tulisan akan lebih efektif dan to the point.

Pastikan Anda menghemat kata dan menggunakan kalimat yang lebih pendek saat menulis.

Ingat juga prinsip lainnya bahwa Anda bisa menulis dengan baik jika terus berlatih, jadi jangan menghindar jika Anda diminta untuk menulis dan berpikir bahwa Anda bukanlah penulis yang baik.

Anda juga tidak semestinya mengubur ide atau gagasan Anda saat menulis.

Tuangkan ide yang Anda miliki dengan cara yang efektif dan informatif agar pembaca dapat mengerti maksud dan tujuan penulisan.

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek tulisan yang sudah Anda buat karena tentunya setiap draft yang Anda buat sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi.

Itulah beberapa cara meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris bisnis yang perlu Anda ketahui.

Jika Anda merasa tidak bisa menulis dengan baik maka Anda bisa terus berlatih atau mengikuti program kursus bahasa Inggris bisnis.

Dalam program tersebut, Anda juga akan bisa belajar menulis dalam bahasa Inggris bisnis dengan benar.

Jangan menyerah karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menulis adalah suatu keterampilan yang dapat diasah dan bukanlah suatu bakat yang didapat sejak lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Start Up Ecobee

Ecobee berada di belakang teknologi pengubah permainan yang membuat orang berpikir berbeda tentang energi rumah mereka — satu…
Read More

Bisnis Group Djarum

Group Djarum merupakan entitas bisnis paling terkemuka di tanah air. Berawal dari sebuah kios kecil penjualan rokok kretek…
Read More

Little Gardenia

Sebagai negara dengan kekayaan macam alam serta hayati yang begitu berlimpah, Indonesia mempunyai potensi yang begitu tidak kecil…