PT TIMAH, PRODUK TERSERTIFIKASI INTERNASIONAL

https://www.jkietee.com – PT TIMAH merupakan perusahaan perseroan dan bagian dari Badan Usaha Milik Negara. Perusahaan ini resmi berdiri pada 2 Agustus 1976 di masa orde baru.

PT TIMAh bergerak dibidang usaha pertambangan timah, sebagai produsen, dan eksportir timah. Perusahaan juga membangun usaha pada segmen usaha penambangan timah terintegrasi dengan kegiatan penambangan, pengolahan, eksplorasi, sampai pada pemasaran hasil produksi.

Ruang lingkup kegiatan perusahan yang juga sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1995 ini antara lain bidang pertambangan, perindustrian, perdagangan, pengangkutan dan jasa.

KEGIATAN UTAMA PERUSAHAAN PT TIMAH

Kegiatan utama perusahaan CGC PT TIMAH ialah berperan sebagai perusahaan induk yang mengoperasikan penambangan timah dan melakukan pemasaran di lingkungan kelompok usaha terkait. Sejauh ini perusahaan sudah memiliki beberapa anak perusahaan, antara lain anak perusahaan yang bergerak di bidang perbengkelan dan galangan kapal, jasa rekayasa teknik, penambangan timah, jasa konsultasi dan penelitian pertambangan serta penambangan non timah.

Di masa kolonial, kegiatan perusahaan ada dalam tiga manajemen, antara lain Bangka Tin Winning Bedrijft (BTW), Gemeenschaappelijke Mijnbouw Maatschaappij Billiton (GMB) dan Singkep TIN Exploitatie Maatschappij (SITEM). Setelah masa kolonial lewat, Ketiga perusahaan Belanda tersebut dilebur menjadi tiga perusahaan Negara terpisah yaitu: BTW menjadi PN Tambang Timah Bangka, GMB menjadi PN Tambang Timah Belitung, SITEM menjadi PN Tambang Timah Singkep

PERKEMBANGAN PT TIMAH SETELAH MASA KOLONIAL

Setelah masa kolonial lewat, di masa kemerdekaan pemerintah membentu Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara Tambang-tambang Timah (BPU PN Tambang Timah) guna meningkatkan koordinasi ketiga perusahaan PN Tambang Timah Bangka, PN Tambang Timah Belitung, dan Tambang Timah Singkep.

Selanjutnya, ketiga perusahaan Negara tersebut bersama dengan BPU dilebur menjadi satu Perusahaan Negara (PN) Tambang Timah. Perubahan nama terjadi lagi di tahun 1976, di mana penyebutan nama dari PN Tambang Timah diubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dengan nama PT Tambang Timah (Persero) yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia.

RESTRUKTURISASI MANAJEMEN PT TIMAH

Restrukturisasi PT Tambang Timah terjadi pada 1991-1995. Restrukturisasi yang dilakukan antara lain merelokasi kantor pusat yang awalnya berada di Jakarta ke Pangkalpinang.

PT Tambang Timah juga melakukan penglepasan asset yang tidak berkaitan dengan usaha pokok perusahaan & melakukan ekspor perdana logam timah dengan kadar timbal yang rendah dengan merek Bangka Low Lead ke Jepang. Selain itu, PT Tambang Timah (Persero) melakukan penawaran saham umum perdana dan sejak saat itu 35  persen saham perusahaan dimiliki oleh publik dan 65  persen sahamnya masih dimiliki oleh Negara Republik Indonesia.

VISI DAN MISI PT TIMAH DI TENGAH PERSAINGAN EKONOMI

PT TIMAH didirikan dengan mengusung visi “Menjadi Perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang ramah lingkungan” dan juga misi berupa “Membangun sumber daya manusia yang tangguh, unggul dan bermartabat”, “Melaksanakan Tata Kelola Penambangan yang baik dan benar”, dan “Mengoptimalkan nilai perusahaan dan kontribusi terhadap Pemegang Saham serta tanggung jawab sosial”

Komitmen terhadap visi dan misi tersebut diikat dengan integritas tinggi berupa nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab dan konsisten pada tujuan perusahaan yang ingin mampu memenuhi kesepakatan dan janji dengan penuh tanggung jawab.

EKSPLORASI PT TIMAH DALAM UPAYA PERTAHANKAN KUALITAS PRODUK

Sebagai perusahaan tambang, sudah pasti perusahaan ini bergerak dengan kegiatan utama menambang sumber daya alam timah dari dalam bumi. PT Timah melakukan eksplorasi secara terus menerus untuk mendapatkan timah yang baik di darat atau pun di laut.

Kegiatan eksplorasi dilakukan sejak lebih dari 50 tahun, saat ini maih dapat melakukan pengembangan kegiatan ekplorasi untuk memperbesar jumlah sumber daya yang dimiliki.  Secara umum kegiatan eksplorasi yang dilakukan PT TIMAH antara lain

  • Melakukan indentifikasi potensi daerah guna memperoleh informasi geologi regional
  • Melakukan penyelidikan umum untuk mengungkap sumber daya “inferred”
  • Melakukan pemboran propeksi untuk memahami potensi sumber daya “indicated”
  • Melakukan pemboran Produksi dalam rangka mengetahui sumber daya “measured”
  • Sumber daya yang sudah “measured” akan diserahkan ke satuan kerja perencanaan penambangan untuk studi kelayakan.

KONSEP DASAR EKPLORASI PT TIMAH

EKSPLORASI adalah kegiatan penjelajahan untuk menemukan sesuatu yang sudah ada tapi belum pernah diketahui keberadaannya. Kegiatan ekplorasi bertumpu pada usaha menemukan barang yang sudah ada tersebut kemudian memanfaatkannya.

EKSPLORASI bukanlah kegiatan untuk menemukan barang yang hilang kemudian membuat sesuatu yang baru terinspirasi darinya. EKPLORASI memiliki batasan-batasan kegiatan berupa harus memenuhi batasan ekonomi dan berdasarkan konsep geologi yang baik.

PT TIMAH berkomitmen untuk terus melakukan ekplorasi dengan tujuan menemukan sumber daya baru untuk kepentingan perusahaan. Komitmen eksplorasi juga berdasarkan pada konsep geologi yang dapat digunakan dalam melakukan kegiatan eksplorasi timah.

KUALITAS PRODUK PT TIMAH

Dari hasil kegiatan eksplorasi yang diadakan setiap tahun, kegiatan ini sudah menghabiskan Rp 150 milyar untuk menemukan potensi endapan timah primer dan alluvial bagian dalam. Selain itu, eksplorasi juga dilakukan untuk mengejar dan mengidentifikasi keberadaan mineral dan logam tanah jarang (rare earht elements).

Dari hasil ekplorasi, PT TIMAH mendapatkan bahan-bahan utama untuk menciptakan produk yang berkualitas. Jaminan kualitas ini sudah tersertifikasi produk (weight and analysis certificate) yang berstandar internasional.

Berpedoman kepada standar produk yang ditetapkan oleh LME, produk dari PT TIMAH dapat diperdagangkan sebagai sumber pendapatan di lingkup pasar bursa logam berdasarkan kualitas dan bentuknya. Berdasarkan kualitas, PT TIMAH memiliki produk berupa Banka Tin (99,9% Sn),  Banka Low Lead (Banka LL) terdiri dari Banka LL 100ppm, Banka LL200ppm dan Banka Four Nine.

baca juga

    INOVASI EKONOMIS PERUSAHAAN PT TIMAH

    Komitmen PT TIMAH yang sangat besar untuk turut serta dalam pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan terpadu membuatnya menciptakan inovasi yang ramah terhadap rakyat Indonesia. PT TIMAH melalui anak perusahana memiliki operasi program di luar proses penambangan, jas aketeknikan, dan galangan kapal.

    PT TIMAH membuka program kemitraan kepada rakyat yang membutuhkan bantuan pinjaman untuk memulai usaha. PT TIMAH memberikan bantuan pinjaman (dana bergulir) dengan tujuan untuk membiayai modal kerja dan atau pembelian aktiva tetap dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan.

    Selain itu, dibuka juga Program Bina Lingkungan yang bertujuan membantu meningkatkan potensi ekonomi unit usaha kecil dan koperasi. Diharapkan dengan adanya dana bantuan ini, usaha UMKM tersebut dapat lebih mandiri, tangguh, dan mendorong perekonian negara menjadi lebih maju.

    TUJUAN PROGRAM BANTUAN DARI PT TIMAH

    Pemanfaatan dan persebaran dana bantuan dari PT TIMAH sudah tersebar ke berbagai daerah, utamanya yang dekat dengan ruang kerja PT TIMAH. Pendirian program tersebut, tentu saja memiliki tujuan jangka panjang yang berupa:

    • Membantu Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) dan Koperasi agar lebih mandiri
    • Mendorong kegiatan usaha dan pertumbuhan ekonomi masyarakat
    • Mendorong terciptanya pemerataan pembangunan, melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan usaha
    • Meningkatkan kepedulian  perusahan terhadap pembinaan masyarakat dan lingkungan, terutama disekitar daerah operasional perusahaan.

    Dalam menjalan program ini PT TIMAH berperan aktif memberikan peluang kerja, pelatihan dan menyalurkan modal usaha dengan bunga rendah. Strategi dan kebijakan pembinaan yang diterapkan PT TIMAH yaitu sukses penyaluran, sukses pembinaan, sukses pengembalian dana pinjaman.

    • Sukses penyaluran berarti bertepatan dalam memberikan bantuan modal usaha kepada pemilik usaha kecil maupun koperasi, melalui tahap evaluasi dan dinyatakan layak dibantu.
    • Sukses pembinaan berarti setelah memberikan bantuan perusahaan akan karyawan dan pemilik usaha mendapatkan pendidikan dan pelatihan untuk kesuksesan bisnis UMKM mereka.
    • Sukses pengembalian yang dimaksud ialah dengan adanya dua kegiatan yang sudah berjalan, yaitu sukses penyaluran dan pembinaan ditargetkan UMKM mampu mengembalikan modal pinjaman secara konsisten dan tepat waktu.



    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like
    Read More

    8 Trik Lengkap Memulai Bisnis Online

    “internet” yang diartikan sebagai jaringan yang dapat menembus ruang dan waktu, serta membuat kita terhubug dengan ber-millyaran orang di luar sana. Sedangkan “marketing” adalah sebuah cara atau startegi yang umunya digunakan untuk memasarkan suatu produk/jasa pada audiens yang sesuai dengan target pasar yang ingin diraihnya
    Read More

    Donald Trump

    https://www.jkietee.com – Kemenangan yang diraih Donald Trump  pun mematahkan prediksi-prediksi para analis politik yang sebelumnya sangat menjagokan kompetitornya…