Start up Ruang Guru

Inilah Bimbel (Bimbingan Belajar) online terbesar di Indonesia dengan 6 juta lebih pengguna, 150.000 orang guru dan lebih dari 100 bidang pelajaran yang dapat dipilih oleh pengguna.

Berdiri sejak tahun 2014, Ruangguru menghadirkan sistem belajar yang berbeda dan tentunya memiliki daya tarik lebih sehingga menjadi tujuan para millenials yang ingin mencari partner belajar.

Mengusung teknologi berbasis pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui metode LMS (Learning Managemen System) atau Sistem Manajemen Belajar, hanya dalam kurun waktu 5 tahun Ruangguru menjadi Startup Pendidikan terdepan.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari tangan dingin dua pendirinya yang memiliki otak brillian, yaitu Belva Devara dan Iman Usman.

Ruang Guru, Startup Pendidikan Terbesar di Indonesia yang Jadi Teman Belajar Kaum Millenial

Belva Devara adalah orang Indonesia pertama yang memperoleh beasiswa program bergelar ganda di Stanford University dan Harvard University dan juga orang Indonesia pertama yang memperoleh program gelar ganda di NTU (Nanyang technological University) untuk studi Ilmu Komputer dan Bisnis.

Sedang  Iman Usman merupakan alumni FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional yang melanjutkan pendidikan magisternya dan meraih IPK 3,99 di Columbia University.

Dengan latar belakang pendidikan yang bikin kagum tersebut, tentunya semakin meyakinkan kaum milenial untuk menjadi bagian dari Ruangguru.

Belajar Menyenangkan Ala Ruangguru

Belajar menjadi terasa menyenangkan bersama  Ruangguru, karena pengguna dapat belajar dimanapun dan kapanpun dengan menginstal aplikasi Ruangguru melalui smartphone yang berbasis Android dan iOS.

Setelah menginstal dan membuka aplikasi, dilanjutkan dengan  melakukan register, baik sebagai murid maupun sebagai guru. Jika daftar sebagai murid, masukkan data lengkap lalu klik tombol submite.

Terdapat banyak produk belajar di aplikasi ini, seperti ruanglesonline, ruangbelajar, ruangles, ruanguji, digitalbootcamp hingga ruangkelas. Jika ingin belajar pada guru profesional, lanjutkan dengan mencari guru sesuai dengan bidang yang ingin dipelajari.

Isi data diri beserta data belajar dan lokasi belajar serta lakukan proses pembayaran. Harga paket belajar bervariasi, mulai dari Rp.350.000 – Rp.1,45 juta.

Belajar bersama Ruangguru menjadi terasa menyenangkan, karena disampaikan oleh guru-guru profesional dan dengan model penyajian yang berbeda. Pengguna dapat menikmati gamifisasi belajar sehingga belajar serasa bermain game lewat fitur Adventure.

“Fitur adventure sangat menarik bagi anak-anak yang suka bermain game, karena ada sistem level yaitu apabila naik level maka akan mendapatkan tambahan poin yang dapat ditukar dengan avatar. Metode tersebut sangat menyenangkan, sehingga siswa berlomba untuk mengumpulkan poin yang membuat tingkat belajar siswa dapat maju dengan pesat,” terang Delvara.

Selain itu terdapat banyak video kreatif sebagai media belajar yang jumlahnya terus ditambah, fitur Social Learning sebagai sarana berdiskusi terkait dunia pendidikan bagi para pengguna, Forum Discussion berupa diskusi yang dimoderatori siswa sendiri dan yang terbaru  adalah Live Teaching berupa live streaming pemaparan guru lewat aplikasi.

Satu lagi fitur yang membedakan Ruangguru dengan aplikasi sejenis di Indonesia adalah Smart Recommendation. Melalui fitur ini pengguna akan memperoleh materi belajar yang sesuai dengan kekurangan dan kelebihannya.

baca juga

    Berbagai terobosan tersebut tidak hanya menjadikan Ruangguru menorehkan prestasi sebagai startup pendidikan terbesar di Indonesia, tapi juga memperoleh kepercayaan dari pihak ketiga melalui pendanaan Seri B dari UOB Venture Management pada tahun 2017 dan Seri C pada tahun 2019.

    Kucuran investasi tersebut membuat Ruangguru semakin mudah untuk melakukan ekspansi ke luar negeri serta masuk dalam jajaran unicorn di Indonesia. (*)

    You May Also Like
    Read More

    Start Up Panggilin.com

    jkietee.com – Bisnis start up saat ini tengah digandrungi wirausahawan. Selain penggunaan internet dan gadget yang sangat tinggi…