Strategi Bisnis Matahari Dept Store

https://www.jkietee.com – Jika menyebut toko ritel yang memenuhi kebutuhan fashion, maka nama Matahari selalu teringat dalam benak. Department store modern pertama di Indonesia tersebut telah tersebar di 68 kota dengan jumlah gerai hingga lebih dari 150 unit di seluruh penjuru tanah air.

Dengannya, Matahari yang menjadi bagian dari Lippo Group itu pun menjadi department sore fashion terbesar di Indonesia.

Banyak prestasi yang ditorehkan Matahari Department Store. Yang terbaru diberikan oleh Majalah SWA dan konsultan bisnis Brand Finance.

Keduanya memberikan penghargaan kepada Matahari Department Store sebagai salah satu Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands 2017 atau 100 Perusahaan Paling Bernilai 2017. Penghargaan tersebut dinilai berdasarkan analisa brand strength index (BSI) yang dilakukan Brand Finance.

“Setelah dilakukan berbagai analisis dan riset terhadap nilai merek dari setiap perusahaan, merek Matahari menjadi salah satu pemenang Top 100 Most Valuable Brands di Indonesia dengan brand value sebesar US$ 236 juta dan brand rating AA-,” dikutip dari Investor Daily.

Dalam sebuah keterangan pers, pihak manajemen matahari menyambut baik penghargaan tersebut. Penghargaan menjadi bukti jerih payah Matahari dalam berinovasi agar dapat bertahan di tengah persaingan.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa merek Matahari yang telah eksis selama 58 tahun tidak pernah berhenti berinovasi untuk menjaga nilai mereknya, sehingga masih tetap dapat bertahan hingga saat ini dan menjadi pesaing terkuat bagi merek lainnya,” tulis manajemen Matahari, dilansir beritasatu.com.

Majalah Infobank pula menyebut Matahari sebagai perusahaan ritel yang berkembang sangat cepat. Peringkatnya berada pada nomor dua dalam daftar 100 Fastest Growing Company Awards 2017. Ranking tersebut diberikan berdasar riset majalah bisnis tersebut terhadap 521 perusahaan Indonesia yang terdaftar dalam Indonesia Stock Exchange (IDX).

“Matahari menjadi perusaahaan ritel yang berkembang paling cepat nomor dua dengan skor 93,46 dari 100. Pertumbuhan diukur berdasarkan aset dan profit perusahaan. Sementara kekuatan finansial perusahaan ditentukan dengan mengukur likuiditas, kesanggupan melunasi hutang, efisiensi bisnis dan profitabilitas perusahaan,” dikutip dari Jakarta Globe.

Target pasar yang jelas menjadi salah satu strategi Matahari hingga langgeng 6 dekade lamanya. Berdiri sejak tahun 1972, Matahari mengenalkan nilai sebuah produk fashion berkualitas kepada masyarakat kalangan urban. Perusahaan ritel tersebut fokus menawarkan produk eksklusif baik produk lokal maupun merek internasional.

Selain itu, banyaknya gerai yang tersebar di kota strategis juga menjadi keunggulan Matahari. Dengannya target konsumen pun dapat diraih. Selain kalangan urban, masyarakat middle class juga menjadi target utama Matahari. Semakin banyaknya jumlah middle class di Indonesia, maka semakin banyak pula pelanggan yang mengunjungi gerai Matahari Department Store.

Matahri Dept Store Terus Membuka Gerai

Awal Juni lalu, Matahari Department Store baru saja membuka gerai baru di Lippo Plaza Jember, Jawa Timur. Gerai ini merupakan pembukaan ketiga selama tahun 2017 setelah pembukaan gerai di Pacific Mall Kota Tegal dan Suncity Mall Kota Madiun.

Dengan dibukanya gerai di Jember tersebut, maka total gerai Matahari mencapai 154 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Corporate Secretary & Legal Director Matahari Department Store, Miranti Hadisusilo, perusahaan tengah berekspansi secara agresif di kota-kota strategis. Hal ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang makin meningkat.

“Matahari terus memperkuat eksistensinya di tengah persaingan dunia ritel dengan secara agresif berekspansi di beberapa lokasi strategis,” ujarnya kepada ekbis.sindonews.com

Untuk memikat konsumen baru di gerai yang baru, Matahari pun memberikan banyak promo menarik. Dijelaskan Miranti, promo tersebut yakni dengan cara membagi voucher dan kupon diskon.

“Matahari memberikan penawaran terbaik bagi  konsumennya dengan menyediakan 2.600 kupon diskon sebesar Rp 50 ribu bagi pelanggan setia Matahari, potongan kupon diskon dari koran, dan yang juga tidak kalah menarik voucher diskon Rp 500 ribu untuk minimum pembelanjaan Rp 500 ribu,” tuturnya, dilansir Sindo.

Layanan Ekstra untuk Pelanggan Setia

Selain menambah banyak gerai, Matahari Department Store pula memberikan layanan ekstra untuk pelanggan mereka. Hal ini tentu menjadi strategi bisnis Matahari agar tak kehilangan pelanggan setia.

Sejak dulu, Matahari memang selalu menawarkan paket anggota atau membership bagi para pelanggan. Salah satu fasilitas terbaru yang ditawarkan Matahari Department Store ialah Matahari Reward-Ovo. Fasilitas tersebut disebut-sebut sebagai evolusi fasilitas keanggotaan Matahari.

Sejak Mei 2017, Matahari Reward-Ovo mulai diperkenalkan publik. Namun sejatinya, fasilitas tersebut merupakan perkembangan dari Matahari Club Card (MCC). Hanya saja, jumlah paket yang ditawarkan Matahari Reward-Ovo lebih menarik dibanding MCC.

Salah satu fasilitas yang menggiurkan yakni dengan adanya diskon spesial bagi member Matahari Reward-Ovo. Diskon spesial tersebut rutin digelar pada hari tertentu. Selain itu ada pula paket promo istimewa yang khusus diberikan kepada member.

baca juga

    Matahari Merambah E-Commerce

    MatahariMall.com menjadi cara Matahari Department Store mengembangkan bisnis di era digital. Investasi yang dikeluarkan untuk e-commerce tersebut tidaklah kecil, yakni mencapai angka ratusan milyar rupiah.

    Dikabarkan Jakarta Globe, Matahari Department Store menginvestasikan Rp 590 miliar di perusahaan Global Ecommerce Indonesia (GEI), yakni perusahaan induk untuk MatahariMall.com. Saham BEI sebesar 20 persen diincar Matahari sehingga tak sungkan untuk berinvestasi.

    “Kami senang mendapat kesempatan untuk menambah pasak kami di GEI. Ini sesuai dengan strategi Matahari untuk menumbuhkan pijakan kami lebih jauh di tahun-tahun mendatang,” ujar Direktur Eksekutif Matahari Department Store, Richard Gibson, dilansir Jakarta Globe.

    Beberapa penghargaan pernah diraih MatahariMall.com atas kinerja mereka. Dikabarkan Investor Daily, MatahariMall baru saja meraih penghargaan penghargaan Indonesia Most Admired Companies (Imaco) 2017 untuk kategori Start Up. Penghargaan bergengsi tersebut diberikan oleh Majalah Warta Ekonomi kepada perusahaan yang memenuhi enam kriteria baik dalam hal corporate image, finansial, sumber daya manusia, produk dan servis, global competitiveness serta social image.

    “Mataharimall.com merupakan perusahaan termuda yang meraih penghargaan bergengsi ini,” ujar Head of Communication and Partnership MatahariMall.com, Alvin Aulia Akbar kepada Investor Daily.

    Selain fokus pada MathariMall.com, Matahari Department Store pula meluncurkan toko online baru dengan alamat website mataharistore.com pada akhir tahun 2016 lalu. Toko online ini tidak bergabung dengan MatahariMall dan disebut-sebut sebagai versi online dari gerai Matahari Department Store.

    Director of Merchandising and Marketing Matahari Department Store, Christian Kurnia menuturkan, mataharistore.com dibuat demi melakukan efisiensi. Selain itu, banyaknya pelaku e-comerce pun membuat perusahaan mulai fokus untuk marketing online.

    “Pelaku e-commerce sudah banyak di Indonesia, hal itu menandakan bahwa ekosistem dan pasarnya telah berkembang di sini. Bagi perusahaan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk terjun di dunia online demi memberi pengalaman baru,” ujar Kurnia kepada CNN Indonesia.

    Selama ini, lanjut Kurnia, Matahari telah memiliki pasar di Indonesia. Dengan adanya platform Online, maka pasar tersebut dapat meluas dan memberikan layanan lebih kepada pelanggan. “Bagi yang rumahnya di daerah terpencil jadi tidak perlu buang waktu ke kota hanya untuk ke toko fisik Matahari Department Store. Cukup beli via Mataharistore.com,” katanya, dilansir cnnindonesia.com.

    Untuk membuat Mataharistore.com, tak banyak investasi yang dilakukan kecuali untuk biaya pemasaran, kantor serta sumber daya manusia yang baru. Pasalnya, toko online tersebut masih terikat dengan MatahariMall.com secara teknis. “Kami tidak untuk bersaing dengan Mataharimall karena pada dasarnya kita melebur jadi satu. Pengguna mereka juga pengguna kita juga,” tutur CEO Mataharimall.com, Hadi Wenas, masih dilansir CNN Indonesia.

    Ternyata banyak yang dilakukan Matahari Department Store hingga menjadi toko ritel fashion ternama di Indonesia. Keunggulan Matahari bahkan bisa dikatakan belum ada tandingannya. Meski banyak pesaing yang terus saja bermunculan, Matahari terus eksis dan tak kehilangan pelanggan. Lihat saja gerai Matahari Department Store di waktu tertentu, jelang lebaran misalnya, niscaya akan didapati gerai yang penuh sesak oleh pengunjung

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like
    Read More

    Start Up GIPHY

    Graphics Interchange Format atau GIF sudah menjadi tren terbaru untuk membantu para pengguna internet mengekspresikan perasaan. Memfasilitasi perkembangan…
    Read More

    Bisnis Coklat nDalem

    jkietee.com – Satu lagi product cokelat lokal yang berhasil menembus ketatnya pasar jajanan serta kuliner. Saya yang juga…