Trik Belajar Bahasa Inggris Untuk Orang Dewasa

Ada perbedaan dalam proses pembelajaran kursus bahasa Inggris anak dan kursus bahasa inggris dewasa . Orang dewasa memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak, dan ini bisa menjadi semaca filter bagi mereka dalam memandang bahasa asing yang baru.

Sementara anak-anak biasanya masih belum punya jalan hidup yang jelas, dan lebih mudah untuk menerima bahasa asing baru secara apa adanya.

Orang dewasa juga memiliki hubungan yang lebih kuat dengan bahasa ibunya, ini membuat mereka tidak hanya harus mempelajari bahasa baru, tapi juga berusaha mengalahkan kebiasaan dari penggunaan bahasa ibu tersebut.

Beberapa hal yang membedakan cara orang dewasa dalam belajar bahasa Inggris adalah:

  • Ingin memahami mengapa materi tertentu diajarkan
  • Menyukai pembelajaran dengan sistem pemberian tugas
  • Memiliki waktu luang yang lebih sedikit
  • Lebih mudah mengatur diri sendiri
  • Belajar bahasa Inggris karena kebutuhan dan lebih fokus pada kebutuhan tersebut

Yang membuat banyak orang dewasa stress saat belajar bahasa Inggris

  • Dulu pernah belajar bahasa Inggris (waktu di sekolah), tapi sudah lupa jadi harus mulai dari awal lagi
  • Pernah punya pengalaman yang buruk dalam belajar bahasa Inggris
  • Mau tidak mau diharuskan belajar bahasa Inggris karena pekerjaan
  • Teman atau anggota keluarga yang lain lebih cepat dalam belajar bahasa Inggris
  • Takut usia akan mempengaruhi pembelajaran
  • Takut melakukan kesalahan dan dipermalukan

Tips belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa

Belajar vocabulary dengan contoh penggunaannya

Jangan belajar vocabulary bahasa Inggris dengan cara tradisional, yaitu dengan manghapalkan sebanyak mungkin kata beserta artinya. Kalian bisa mempelajari vocabulary beserta konteksnya dalam cerita, kehidupan sehari-hari, atau aktivitas lain yang familiar.

Misalnya, mempelajari istilah-istilah cuaca dengan menggunakan ilustrasi yang menggambarkannya. Bisa juga memulai dengan menghapalkan istilah-istilah yang sering kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Walaupun nanti mungkin kalian akan dihadapkan dengan penggunaan bahasa Inggris yang lebih luas, sebagai awalan, disarankan untuk mulai belajar bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kalian bekerja di sektor bisnis, kalian bisa mempelajari Business English terlebih dulu, begitupun untuk profesi atau bidang pekerjaan yang lain.

Cara ini bisa memastikan setidaknya kalian akan lebih dulu menguasai penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari kalian. Jika sudah mahir, kalian bisa mulai belajar bahasa Inggris dengan konteks yang lebih luas di luar kebutuhan kalian.

Jangan samakan bahasa Inggris dengan kemampuan lain

Ini yang biasanya terjadi dan membuat banyak orang dewasa yang belajar bahasa Inggris menjadi frustrasi dan akhirnya menyerah dalam belajar bahasa Inggris. Kalian perlu ingat bahwa mempelajari bahasa asing baru itu sulit untuk siapapun, jadi walaupun kalian menguasai banyak ilmu pengetahuan lain yang terkesan lebih sulit, keduanya tidak bisa disamakan.

Apalagi jika kalian baru mulai belajar di usia yang sudah cukup lanjut, tentunya proses otak menerima materi tidak akan sama lagi. Belajarlah dengan tekun dan perlahan, anggap saja ini sebagai pengalaman baru yang berarti, tidak perlu terburu-buru.

 

Belajar sesuai level kemampuan

Setiap orang dewasa yang belajar bahasa Inggris pasti memiliki level kemampuan dasar yang beragam. Jangan mulai pembelajaran dari level yang tidak sesuai dengan kemampuan kalian.

Jangan dulu belajar bahasa Inggris tingkat advance jika kalian masih memiliki kemampuan tingkat dasar. Jangan juga belajar mulai dari awal jika kalian sudah memiliki beberapa dasar dalam bahasa Inggris.

Diskusikan dengan guru yang mengajar tentang kemampuan kalian, sehingga mereka bisa membantu untuk mencarikan materi yang sesuai. Kalian bisa mulai belajar dengan mengecek sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki.

Jika dirasa tidak perlu diulang untuk dipelajari lagi, jadikan kemampuan dasar ini sebagai fondasi untuk mempelajari materi bahasa Inggris lain yang lebih sulit.

Coba praktek, jangan hanya mendengarkan

Jika kalian memilih untuk belajar bahasa Inggris melalui kursus, yang sering terjadi adalah kalian hanya akan diam saja di kelas mendengarkan guru menjelaskan. Jika aktivitas pembelajaran kalian hanya begini-begini saja, jangan heran jika kemampuan bahasa Inggris kalian tidak mengalami peningkatan.

Cobalah untuk mempraktekkan semua yang sudah dipelajari, baik itu listening, speaking, writing, dan reading. Akan lebih baik juga jika kalian melakukan praktek belajar tambahan di luar kelas supaya lebih cepat terbiasa dengan bahasa Inggris.

Kalian juga bisa langsung mempraktekkan vocabulary yang baru dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Praktek langsung secara berulang bisa memudahkan kalian untuk mengingatnya dan bisa terus menggunakannya.

Diskusi dengan sesama pembelajar

Kalian bisa mulai dengan mengajak diskusi teman sesama siswa di lembaga kursus bahasa Inggris yang kalian ikuti. Kalian bisa saling me-review tugas, belajar bersama untuk memahami materi baru, atau bahkan mulai berdiskusi mengenai topik yang lebih profesional.

Kalian bisa melatih teknik speaking dan juga penggunaan grammar bahasa Inggris secara langsung. Selain itu kalian juga bisa menambah teman dan koneksi yang berharga.

Buat rencana belajar sendiri

Karena sudah memiliki jadwal sehari-hari yang padat dan juga tujuan khusus untuk mempelajari bahasa Inggris, kalian bisa mengatur sendiri rencana belajar kalian. Intinya, belajar bahasa Inggris tidak harus terikat dengan kurikulum pembelajaran di kelas dan tidak harus menyesuaikan dengan orang lain.

Kalian bisa bebas mengatur waktu belajar sesuai waktu luang kalian disela pekerjaan, kalian juga bisa mengatur materi mana yang lebih dulu dipelajari. Orang dewasa juga biasanya sudah paham gaya belajar yang paling cocok dengan dirinya, sehingga bisa menyusun rencana belajar yang sesuai dan efektif.

baca juga

Jangan samakan dengan anak-anak

Terakhir, jangan menyamakan metode pembelajaran bahasa Inggris dengan yang kalian pernah lakukan saat masih muda. Bisa dimulai dengan tidak menggunakan materi pembelajaran yang sama.

Anak-anak biasanya belajar bahasa Inggris dari buku dongeng, lagu, atau games. Kalian bisa belajar bahasa Inggris menggunakan materi lain yang sejenis tapi lebih relevan, beberapa diantaranya adalah:

  • Latihan mendengarkan: kalian bisa menggunakan podcast, radio, ataupun audiobokk. Aktivitas ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Setelah mendengarkan, coba buat rangkuman singkat untuk mengecek pemahaman kalian
  • Latihan membaca buku: jika anak-anak menggunakan buku dongeng yang bergambar menarik, kalian bisa menggunakan buku novel, baik fiksi maupun non-fiksi. Ini merupakan kegiatan yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang sambil belajar. Setelahnya, coba juga buat rangkuman tiap babnya untuk mengecek pemahaman kalian
  • Latihan dari berita: berita menggunakan bahasa Inggris formal yang akurat dan cocok sebagai sumber pembelajaran. Kalian bisa memilih belajar dari artikel berita di koran atau internet, berita di televisi, atapun berita dari radio. Rangkum berita yang kalian dengar dan catat kata atau kalimat yang belum kalian pahami artinya
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like